Sukses

Paronikia, Akibat Kuku Kaki yang Tumbuh ke Dalam

Paronikia dapat terjadi apabila ketidaksengajaan atau kesalahan dalam memotong kuku, sehingga menyebabkan kemerahan dan bernanah pada daging

Liputan6.com, Jakarta Kuku kaki tumbuh ke dalam? Kemerahan dan bahkan mengeluarkan nanah? Hal tersebut adalah gejala dari penyakit Paronikia.

Seperti dilansir dari Mayoclinic.com, Kamis (10/7/2014), Paronikia dapat terjadi secara tidak sengaja atau salah dalam memotong kuku, sehingga menyebabkan kemerahan dan bernanah pada daging yang tertancap kuku. Jika semakin parah akan terjadi pengangkatan kuku dan pemotongan kuku yang tertancap ke daging jari kuku.


Deskripsi


Paronikia atau penyakit kuku kaki yang tumbuh ke dalam ini adalah kondisi umum saat sudut kuku atau sisi kuku tumbuh ke dalam daging dalam sekitar jari. Tumbuhnya daging tersebut akan membuat jari terasa sakit dan menimbulkan kemerahan, pembengkakan dan infeksi yang bisa mengeluarkan nanah dari kuku yang menancap ke daging tersebut. Biasanya kuku kaki yang tumbuh ke dalam terjadi pada kuku jempol.


Seringkali yang mengalami penyakit ini akan mengurus sendiri masalahnya dan baru akan berobat ke dokter apabila rasa sakitnya mulai parah dan infeksi mulai menyebar.

Apabila mulai terinfeksi dokter akan mengambilalih pengobatan dengan menghindari agar tidak terjadi komplikasi kuku hingga ke dalam. Komplikasi akan semakin parah untuk pengidap diabetes.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala & Penyebab


Gejala


Gejala yang ditimbulkan dari Parokia adalah sebagai berikut:


1. Nyeri di sisi kuku
2. Kemerahan di sekitar kuku
3. Pembengkakan di sekitar kuku jari
4. Infeksi pada jaringan di sekitar kuku
5. Bagian yang bengkak akan berwarna kuning (berisi nanah)


Penyebab


Penyebab umum yang ditimbulkan yaitu:


1. Menggunakan sepatu yang menutupi kuku
2. Memotong kuku kaki terlalu pendek atau tidak lurus
3. Melukai kuku atau kuku terluka
4. Memiliki bentuk kuku yang melengkung

3 dari 3 halaman

Pengobatan


Pengobatan


Pengobatan pertama jika mengalami masalah kuku kaki biasanya adalah dengan membersihkan bagian sekitar dan mengkompresnya dengan air hangat.

Namun jika sudah tidak bisa sembuh dan memilih melalui tindakan dokter, maka dokter akan memberikan rekomendasi seperti:


1. Mengangkat kuku


Untuk kuku yang tumbuh ke dalam tapi hanya sedikit (menimbulkan kemerahan dan nyeri, tidak bernanah), biasanya dokter akan mengangkat ke tepi kuku yang tumbuh ke dalam dan menempatkan kapas atau benang.

Hal tersebut digunakan untuk memisahkan kuku dari kulit atasnya agar kuku tumbuh ke tepi kulit. Cara ini bisa digunakan di rumah dengan merendamkan kaki dan mengganti kapas atau benangnya.

2. Menghilangkan sebagian kuku.


Jika kuku tumbuh ke dalam lebih parah kemerahan, nyeri dan bernanah, maka dokter akan memotong bagian kuku yang tumbuh ke dalam. Sebelumnya dokter akan menyuntikkan obat bius agar saat memotong kuku tersebut tidak terasa semakin sakit.

3. Menghilangkan jaringan bawah kuku.


Jika sakit kuku yang tumbuh ke dalam terjadi berulang-ulang, dokter akan menyarankan untuk mengangkat sebagian kuku dengan jaringan bawah (kulit) dengan menggunakan laser atau bahan kimia lainnya.

Hal ini dilakukan karena untuk mencegah bagian kuku tumbuh kembali. Dokter juga akan merekomendasikan untuk menggunakan antbiotik topikal atau oral jika kaku yang terinfeksi atau berisiko terinfeksi. (Rima Wahyuningrum/Igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini