Sukses

Wasir, Saat Anus Meradang dan Membengkak

Wasir adalah penyakit yang umum dirasakan oleh sebagian besar orang. Apa penyebaba, gejala dan bagaimana mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Sakit saat buang air besar? Mengeluarkan darah ? Mungkin Anda terkena wasir. Wasir adalah penyakit yang umum dirasakan oleh sebagian besar orang. Seperti yang dilansir dari Mayoclinic, Kamis (3/7/2014), wasir disebabkan karena adanya pembengkakan pembuluh darah akibat memaksakan diri saat buang air besar.

Deskripsi

Hemorroids atau yang biasa kita kenal dengan wasir adalah penyakit yang disebabkan oleh pembengkakan pada pembuluh darah dan peradangan dalam anus dan rektum (tempat penyimpanan sementara feses) yang lebih rendah. Wasir bisa terjadi karena Anda memaksa saat buang air besar dan adanya peningkatan pada tekanan pembuluh darah selama kehamilan da lainnya. Wasir terjadi pada rektum (wasir dalam) atau berkembang disekitar anus (wasir eksternal).

Wasir adalah penyakit umum. Pada sekitar usia 50 tahun, setengah dari orang dewasa yang mengalami wasir akan merasa gatal, ketidaknyamanan, dan pendarahan. Tapi ada beberapa pilihan untuk mengobati wasir. Kebanyakan pengidap wasir mengobatinya dengan cara pengobatan tradisional atau dengan mengubah gaya hidup.

Tipe

1. Wasir internal

Terjadi pada rektum, biasanya Anda tidak bisa melihat wasir ini dan akan menyebabkan ketidaknyamanan

2. Wasir eksternal

Terjadi di bawah kulit sekitar anus. Akan terjadi iritasi, gatal atau berdarah. Kadang-kadang darah bisa menyebabkan darah membentuk gumpalan, mengakibatkan pembengkakan dan peradangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gejala

Gejala

Wasir terjadi melalui beberapa tanda dan gejala sebagai berikut:

1. Pendarahan saat buang air besar

2. Gatal dan iritasi di daerah anus

3. Nyeri dan tidak nyaman

4. Pembengkakan di sekitar anus

5. Ada benjolan di dekat anus, sensitif dan sakit

Penyebab

Pembuluh darah di sekitar anus cenderung akan meregang dan adanya tonjolan atau pembengkakan. Pembuluh darah (vena) yang membengkak akan berkembang dari peningkatan tekanan rektum yang lebih rendah. Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan, seperti:

1. Memaksa buang air besar

2. Duduk dalam jangka waktu yang lama di toilet

3. Diare kronis atau sembelit

4. Kegemukan

5. Kehamilan

6. Hubungan seks anal

7. Diet rendah serat

Wasir biasa terjadi saat usia bertambah tua, karena jaringan yang mendukung pembuluh darah di daerah rektum dan anus dapat melemahkan dan meregang.

3 dari 3 halaman

Pengobatan

Pengobatan

Pengobatan wasir sebagaian besar dilakukan dengan melibatkan langkah-langkah sendiri seperti perubahan gaya hidup. Tapi tidak memungkiri kalau pengobatannya juga memerlukan obat.

Salah satu obat yang biasanya akan disarankan oleh dokter adalah salep, supositoria atau obat yang dijual dipasaran. Obat-obatan tersebut mengandung bahan-bahan seperti withc hazel atau hidrokortison, yang dapat mengurangi rasa sakit dan gatal semantara. Namun, penggunaannya tidak bisa lebih dari seminggu kecuali dengan arahan dokter, karena dapat menimbulkan efek samping seperti peradangan dan penipisan pada kulit. (Rima Wahyuningrum/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wasir, atau dalam bahasa medis disebut hemoroid, merupakan suatu kondisi dimana terjadi pelebaran dari pembuluh darah.

    Wasir

  • Penyakit