Sukses

6 Kiat Jaga Jantung Agar Tetap Sehat

Meski sudah mencapai usia yang tak muda lagi, tak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat. Berikut tips untuk menjaga jantung

Liputan6.com, Jakarta Saat tua, semua orang tentu ingin tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Sayang, penyakit yang terkait jantung biasanya yang sering mendera orang dewasa usia 40-50an tahun.

Padahal jantung merupakan salah satu organ vital tubuh yang berfungsi memompa dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Karena itu, penting sekali menjaga jantung agar tetap sehat.

Meski sudah mencapai usia yang tak muda lagi, tak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat. Berikut tips untuk menjaga jantung sehat bagi orang tua, dikutip dari boldsky, Rabu, (2/7/2014).

1. Tidak merokok
Jika perokok, segera hentikan kebiasaan merokok. Merokok jadi salah satu penyebab munculnya masalah pada jantung. Meski sulit, berusahalah demi kesehatan jantung.

2. Jalan kaki
Salah satu cara agar jantung tetap sehat adalah membiarkan tubuh aktif. Meski sudah tua, lakukan banyak hal aktif. Jalan kaki sambil bernapas dengan baik bisa jadi alternatif mudah menjaga jantung terus sehat.

3. Lakukan yoga
Meski yang melakukan yoga sebagian besar perempuan, yoga juga bisa dilakukan pria. Yoga jadi salah satu olahraga yang cocok bagi orang tua. Olahraga ini membantu pikiran tetap tenang dan menangkal stres, yang berpengaruh menjaga kerja jantung tetap normal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makan sehat

4. Makan sehat
Jangan pernah bosa untuk terus makan sehat. Makan makanan yang kaya protein dan makanan lain kaya nutrisi seperti sayuran hijau untuk melawan segala penyakit yang berhubungan dengan jantung.

5.Jaga berat badan normal
Memiliki berat badan pada rentang normal tak akan membebani tekanan pada kaki Anda saat tua. Obesitas akan menambah kerja jantung jadi lebih berat.

6. Mencegah terjatuh
Saat seseorang semakin tua, semakin sulit menjaga keseimbangan. Rasa takut jika terjatuh malah memicu ketegangan pada jantung. Jadi, selalu pastikan langkah dan tak perlu cemas akan terjatuh. (dik)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini