Sukses

Sukun, Bikin Kenyang dan Penuh Vitamin

Sukun yang dalam bahasa Inggris disebut breadfruit (buah roti) saat diolah jadi sukun goreng cukup mengenyangkan karena tinggi karbohidrat.

Liputan6.com, Jakarta Tak mudah menemukan buah berbentuk bulat berwarna hijau ini di kota-kota. Beda halnya di desa, terutama Pula Jawa dan Sumatera, sukun mudah ditemukan. Teksturnya yang lembut dengan rasa manis sering diolah masyarakat desa jadi keripik atau sukun goreng.

Meski sukun cemilan ndeso, jangan remehkan nilai gizinya. Kandungan protein yang terdapat dalam sukun melebihi kedelai.

Seperti yang dilaporkan Daily Mail (1/7/2014), sukun mengandung protein dengan komposisi asam amino lebih tinggi dibandingkan kedelai. Asam amino sebagai unsur utama protein, penting untuk menjaga daya tahan tubuh serta perbaikan jaringan tubuh.

Tak hanya protein, menurut leaflet Teknopro terbitan Departemen Pertanian Indonesia pada Oktober 2002, sukun kaya vitamin dan mineral. Vitamin B1 paling tinggi kandungannya sekitar 0,12 mg, disusul Vitamin B2, Vitamin C, serta mineral seperti kalsium, fosfor dan zat besi.

Sukun yang dalam bahasa Inggris disebut breadfruit (buah roti) saat diolah jadi sukun goreng cukup mengenyangkan karena tinggi karbohidrat. Banyaknya sukun di daerah pedesaan bisa jadi sumber alternatif bahan pangan masyarakat disana.

Sukun, juga bisa diolah jadi makanan yang lebih lezat. Daging buah sukun dibuat tepung sukun. Lalu, diolah kembali menjadi pancake yang lezat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Resep Sukun

Yummy Breadfruit Pancake Recipe

Kreasikan sukun jadi sajian menarik dengan resep berikut

Bahan:
1 cangkir sukun tumbuk (kupas buah sukun lalu rebus hingga matang)
1 sdm tepung terigu
2 sdm mentega cair
2 butir telur
1 cangkir susu

Cara Membuat:
1. Campur semua bahan selama satu menit dengan mixer kecepatan rendah. Tutup adonan dengan kain selama satu jam.
2. Siapkan pan diameter yang sudah diberi mentega kemudian tuang adonan sekitar 2 sendok sayur ke atas pan. Tutup sebentar.
3. Jika adoan sudah berpori dan pinggir mengeras segera balik. Angkat saat sudah matang.
4. Letakkan pancake sukun yang sudah jadi ke atas piring, tambahkan madu atau perasan lemon serta gula halus untuk menambah kelezatan. Pancake sukun pas disajikan hangat-hangat.

(bdt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini