Sukses

5 Cara Jaga Gigi Tetap Sehat Meski Gemar Makan Manis

Beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut agar kita tidak takut mengonsumsi makanan manis

Liputan6.com, Jakarta Takut berkunjung ke dokter gigi membuat kita membatasi diri untuk mengonsumsi makanan manis. Padahal, selama membiasakan diri untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, kita tak perlu khawatir bakal diserang gigi berlubang sebanyak apa pun mengonsumsi makanan makanan manis.

Spesialis Gigi dan Mulut asal India, Dr Vanishree, menjelaskan, beberapa cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut agar kita tidak takut mengonsumsi makanan manis, seperti dikutip Health Me Up, Selasa (1/7/2014)

1. Floss

Sikat gigi saja tidak dapat mencapai semua celah-celah gigi. Maka itu, kita dianjurkan untuk membersihkan gigi menggunakan benang gigi, setidaknya dua kali sehari.

2. Menyikat gigi

Ketika partikel makanan tidak terangkat secara menyeluruh dari gigi, asam yang terbentuk dari makanan akan beralih ke enamel, sehingga membuat kita mengalami kerusakan gigi. Menyikat gigi dua kali sehari dan mengikuti semua saran dokter gigi adalah cara yang harus selalu dijalani.

3. Bilas mulut

Bilaslah mulut Anda agar mengangkat semua partikel makanan dari gigi Anda. Selain menyikat gigi dan melakukan flossing, membilas selalu mulut pun harus tetap Anda lakukan.

4. Hindari junk food

Diet tinggi karbohidrat, gula, dan pati berdampak buruk pada gigi. Sebab, Anda akan mengalami masalah bau mulut, dan masalah kesehatan gigi Anda.

5. Rutin ke dokter gigi

Kunjungilah dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk membersihkan gigi yang merupakan cara penting untuk menjaga kesehatan gigi dan rongga mulut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini