Sukses

Suhu Tubuh Normal Itu Bukan 37 Derajat Celsius

Angka ini didapat dari seorang dokter asal Jerman, Dr Carl Wunderlich setelah ia mengecek suhu tubuh ribuan pasien pada abad ke-19.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah orang berpikir bahwa suhu tubuh normal adalah 37 derajat celsius. Angka ini didapat dari seorang dokter asal Jerman, Dr Carl Wunderlich setelah ia mengecek suhu tubuh ribuan pasien pada abad ke-19.

Namun, setelah hasil dari Carl dikaji ulang pada 1992, ditemukan bahwa suhu tubuh normal yang lebih akurat adalah 36,8 derajat celsius. Ternyata, perbedaan sekecil itu berperan besar untuk menentukan hal-hal seperti kesuburan seorang wanita.

Sebagai individu, kita harus mengetahui bahwa perubahan normal pada suhu tubuh kita sebanyak 1 Fahreinheit atau sebesar 0,6 derajat celcius sepanjang hari. Biasanya, ketika bangun suhu tubuh Anda akan menjadi dingin karena tubuh Anda tengah beristirahat. Tapi, di saat Anda memulai aktivitas rutin sehari-hari, perlahan suhu tubuh akan mengalami kenaikan.

Salah seorang dokter dari Good Health di London, Inggris, Dr Martin Scurr, mengatakan, pada orang tua suhu tubuh mereka lebih dingin dari rata-rata orang berusia di bawah mereka. Dan ketika mereka jatuh sakit, tubuh mereka tidak dapat mencapai suhu 'normal'.

"Ketika Anda beranjak tua, kemampuan tubuh untuk mengatur suhu menjadi kurang efisien. Dalam cuaca yang sangat panas, tubuh orang tua tidak berkeringat dan kehilangan panas dengan baik," kata Martin Scurr, seperti dikutip Daily Mail, Selasa (1/7/2014)

Selain itu, tambah Martin, dalam cuaca yang cukup dingin mereka tidak menyimpan panas yang banyak. Karena itu, kondisi ini membuat mereka lebih mudah terkena hipotermia (kondisi dimana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.