Sukses

Saat Puasa, Normalnya Berat Turun 2 Kilogram

Saat puasa, seharusnya berat badan bisa berkurang sampai 2 kilogram.

Liputan6.com, Jakarta Saat puasa, seharusnya berat badan bisa berkurang sampai 2 kilogram. Tapi apa yang terjadi, sejumlah orang malah bertambah gemuk setelah puasa dan lebaran.

Demikian disampaikan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc. Ia menjelaskan, saat puasa, seseorang akan kehilangan banyak karbohidrat dan protein tapi tidak lemak.

"Konsumsi makanan sehat saat puasa bisa menjadi saat yang tepat untuk menurunkan berat badan sehingga tubuh lebih bugar. Saat itu, metabolisme tubuh akan mengalami perubahan dan semua organ tubuh akan menyesuaikan. Sel-sel tubuh juga akan dikondisikan untuk lebih kuat dan tubuh menjadi lebih sehat dan kebal penyakit," kata Saptawati, seperti ditulis Jumat (27/6/2014).

Agar tubuh tetap bugar saat puasa, Saptawati menyarankan untuk tetap melakukan aktivitas walaupun intensitasnya bisa dikurangi. Kemudian memperhatikan asupan karbohidrat dan protein, dan minum air putih sebanyak yang kita mampu agar tubuh tetap terhidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.