Sukses

Saat Buka Puasa, Sebaiknya Hindari Gorengan

Selama puasa, hanya karbohidrat, protein dan air yang berkurang.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin beberapa dari Anda sudah mengetahui bahwa gorengan tidak termasuk makanan yang dianjurkan saat buka puasa. Tapi tahukah Anda bahwa konsumsi lemak saat berbuka tidak dibutuhkan tubuh. Pasalnya, selama puasa, hanya karbohidrat, protein dan air yang berkurang.

Demikian disampaikan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc di sela-sela diskusi kesehatan Puasa Sehat Bersama Aqua di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

"Saat puasa, kita kehilangan banyak karbohidrat, protein dan air, tapi tidak untuk lemak. Untuk itu, tidak dianjurkan makan gorengan saat buka puasa karena lemak akan bertambah dan bisa jadi ini alasan banyak orang gemuk setelah puasa. Padahal orang puasa harusnya beratnya turun," katanya.

Saptawati pun berpesan, untuk menjaga tubuh tetap sehat, disarankan untuk memperhatikan asupan karbohidrat dan protein serta minum air putih sebanyak yang kita mampu agar tubuh tetap terhidrasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.