Sukses

Diabetesi Masih Boleh Konsumsi Gula Pasir

Pengidap diabetes bukan berarti tak boleh mengonsumsi gula pasir sama sekali

Liputan6.com, Jakarta Pengidap diabetes bukan berarti tak boleh mengonsumsi gula pasir sama sekali. Jika gula pasir digunakan sebagai bumbu masakan, dosis ini masih dinilai aman bagi diabetesi.

Demikian disampaikan Guru Besar Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia RS Cipto Mangunkusumo, Prof. Dr. dr. Pradana Soewondo, SpPD-KEMD saat ditemui di JS Luwansa, Senin (23/6/2014).

Menurut Pradana, gula pasir atau gula sintetis tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita diabetes karena tinggi kalori. Berbeda dengan gula rendah kalori, gula pasir tidak aman dikonsumsi diabetesi jika digunakan untuk menambah rasa manis pada minuman atau kue.

"Jumlah konsumsi gula bagi penderita diabetes memang dibatasi. Tapi jika gula digunakan sebagai bumbu, bukan untuk minuman atau kue, masih dibolehkan," kata Pradana.

Selain mengontrol kalori dalam konsumsi gula, Pradana menambahkan, penderita diabetes juga wajib mencari sumber makanan kyang dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil dan normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.