Sukses

Bila Anda Sering Stres, Waspadai Stroke

Sudah sejak lama stres telah terbukti secara ilmiah menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah ahli meyakini bahwa stres dan masalah kardiovaskular memiliki hubungan sangat erat. Sudah sejak lama stres telah terbukti secara ilmiah menyebabkan terjadinya serangan jantung dan stroke.

Baru-baru ini sebuah penelitian di Amerika Serikat mendapati bahwa stres dapat memacu adrenalin, dan stres akan membuat daya tahan tubuh menjadi tidak terkendali dengan cara meningkatkan jumlah sel darah putih yang dapat memerangi penyakit.

Bagi pasien yang memiliki arteri yang sudah menebal dengan plak, ekstrak sel darah putih memperburuk peradangan dan dapat menyebabkan terjadi perobekan. Trombosit dan pembekuan protein, bergegas untuk mengisi luka yang terbuka. Jika bekuan itu mengisi arteri, maka akan menyebabkan terjadinya serangan jantung dalam beberapa saat.

Salah seorang peneliti yang temuannya telah dipublikasikan dalam Nature Medicine, Prof Nahrendorf, mengatakan, saat kondisi ini dilihat pada tikus aterosklrosis akan rawan mengalami stres kronis, yang dipercepat produksi sel darah, fitur plak dipromosikan berhubungan dengan lesi yang menyebabkan rentan serangan jantung dan stroke pada manusia.

"Secara keseluruhan data ini memberikan bukti lebih lanjut peran sistem hematopoietik dalam penyakit jantung, dan menjelaskan hubungan biologis langsung antara stres kronis dan variabel peradangan kronis, sebuah konsep umum dengan implikasi luar aterosklerosis," kata Nahrendrof seperti dikutip Daily Mail, Senin (23/6/2014)

Sistem hematopoietik adalah jaringan tubuh dari organ dan jaringan, terutama sumsum tulang, limpa, tonsil, dan kelenjar getah bening, yang terlibat dalam produksi darah.

Sebelumnya, sebuah studi menyebutkan bahwa 514 orang paruh baya di Inggris menemukan mereka di bawah tekanan diukur oleh jumlah hormon kortisol yang beredar dua kali lebih mungkin untuk memiliki arteri berbulu. Sel darah putih mencari darah untuk virus, bakteri, dan jamur, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

  • Stroke adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.

    Stroke

  • Stres

Video Terkini