Sukses

Bahaya Sikat Gigi yang Sudah Pernah Jatuh

Sebuah studi yang dilakukan di Inggris oleh University of Manchester menemukan bahwa sikat gigi memiliki 10 juta bakteri.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi yang dilakukan di Inggris oleh University of Manchester menemukan bahwa sikat gigi memiliki 10 juta bakteri. Jumlah bakteri ini belum termasuk jika kondisi kamar mandi kotor dan jatuh.

Mengutip laman TimesofIndia, Minggu (22/6/2014), Prosthodontist Dr Ann Wei mengatakan bahwa ada banyak kuman dalam mulut. Dan lantai kamar mandi dapat membuat sarang bakteri seperti E. coli and Staph.

"Sikat gigi Anda dapat terkontaminasi oleh air ketika kita mencuci tangan atau jatuh ke lantai. Tapi akan lebih buruk bila menyimpan sikat gigi dekat dudukan toilet terbuka," kata Ann.

Untuk mencegah penyebaran kuman, disarankan untuk menyemprotkan anti kuman pada toilet dan selalu mengganti sikat gigi bila jatuh atau terkontaminasi toilet.

Sebelumnya, Bakteri E.coli diketahui dapat menimbulkan penyakit berbahaya dan mematikan. Gejala penyakit ini berupa sakit perut seperti kram dan diare. Pada sebagian kasus, bahkan dapat diare berdarah (haemorrhagic colitis) disertai demam dan muntah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini