Sukses

Haruskah Ibu Hamil Minum Susu?

Apakah ibu hamil harus minum susu agar tulangnya tidak keropos? Bagaimana dengan ibu hamil yang mengalami intoleransi laktosa?

Liputan6.com, Jakarta Hai dok, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan menyangkut kesehatan tulang:

1. Apakah ibu hamil harus minum susu agar tulangnya tidak keropos? Bagaimana dengan ibu hamil yang mengalami intoleransi laktosa? Sebaiknya mengonsumsi susu apa?
 
2. Agar penyerapan kalsium di dalam tubuh maksimal, sebaiknya mesti bagaimana? Yang saya tahu dari media, harus ideal komposisinya antara kalsium, air putih, magnesium dan fosfor. Mohon penjelasannya?

3. Apakah di usia dewasa (di atas 30 tahun) vitamin D yang di dapat dari sinar matahari masih bermanfaat untuk kesehatan tulang?

4. Apakah yang dimaksuddengan flu tulang?

Trimakasih

Eka (33 Tahun) Jakarta
@Ceritaeka

Jawaban

1. Kalsium sangatlah penting dalam pertumbuhan janin. Bila kebutuhan ini tidak terpenuhi kalsium akan diambil dari dalam tulang ibu hamil yang pada akhirnya dapat mengakibatkan pengeroposan tulang ibu (osteoporosis).

Penderita intoleransi laktosa mempunyai perbedaan sensitivitas terhadap laktosa. Beberapa masih dapat mentoleransi asupan yoghurt maupun keju. Kebutuhan kalsium bisa didapat dari sumber lain seperti ikan sardine, brokoli, susu kedelai, dsb. Bila masih ragu akan asupan harian kalsium dapat minum suplemen kalsium.

2. Penyerapan kalsium dibantu oleh vitamin D. Vitamin D bisa didapatkan dari paparan sinar matahari pagi maupun dalam bentuk suplemen.

3. Setelah usia 30 tahun wanita maupun pria akan mengalami penurunan jumlah masa tulang. Sehingga asupan kalsium dan vitamin D masih tetap dibutuhkan.

4. Flu tulang adalah istilah awam yang menandakan nyeri pada sendi yang biasanya lebih dari satu.

Untuk mengetahui penyebab dari nyeri sendi tersebut bisa mengunjungi klinik kami untuk dibantu.


Consultation managed by:

Dr. Nicolaas C. Budhiparama, SpOT, F.I.C.S dan dr. Nadia Nastassia Ifran, SpOT

* Dr. Nicolaas C. Budhiparama. Sp.OT adalah seorang Dokter Ahli Bedah Tulang yang sangat menguasai bidangnya serta berpengalaman. Menjabat sebagai Presiden Indonesian Hip and Knee Society atau Asosiasi Ahli Bedah Lutut dan Panggul Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.