Sukses

Waspadai Gejala Gangguan Jiwa Pascamelahirkan

Gejala bipolar seperti manik dapat terjadi pada wanita pascamelahirkan

Liputan6.com, Jakarta Gejala bipolar seperti manik atau periode mood yang terlalu bahagia atau mudah marah dan menetap selama minimal satu minggu dapat terjadi pada wanita pasca melahirkan. Tapi walalu dapat sembuh gejala bipolar harus diperhatikan.

Seperti disampaikan Wakil Ketua Seksi Bipolar dan Gangguan Mood lainnya Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia, Dr. dr. Nurmiati Amir, SpKJ (K) bahwa gejala bipolar pasca melahirkan ditandai tidak hanya dalam bentuk depresi tapi juga manik.

"Perhatikan bila wanita pascamelahirkan depresi, tidak mau makan, merasa bersalah yang tidak rasional dan bukan akibat perbuatannya hingga ingin bunuh diri. Selain itu juga muncul gangguan psikotik atau kemampuan yang tidak masuk akal atau halusinasi. Jika ini terjadi, kemungkinan dia bipolar," jelas Nurmiati di sela-sela Seminar Gangguan Bipolar dalam Kaitannya dengan pemakaian Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya di Hotel JW Marriott, Rabu (18/6/2014).

Gangguan Bipolar (GB) merupakan suatu gangguan jiwa yang bersifat episodik dan ditandai oleh gejala-gejala manik, hipomanik, episode depresi dan campuran, biasanya hilang timbul serta berlangsung seumur hidup.

Gangguan bipolar sering berkembang di akhir masa remaja seseorang atau dewasa awal. Setidaknya setengah dari semua kasus dimulai sebelum usia 25 th. Beberapa orang memiliki gejala pertama mereka selama masa kanak-kanak, sementara yang lain mungkin mengembangkan gejala-gejala di akhir hidupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini