Sukses

Kenapa Puting Mengeras Saat Suhu Dingin?

Suhu yang dingin bisa membuat puting menjadi keras (ereksi). Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Suhu yang dingin bisa membuat puting menjadi keras (ereksi). Tak ada yang tahu mengapa, tapi mungkin alasannya sama ketika dingin membuat Anda merinding. Beberapa penelitian juga telah dilakukan untuk mengetahui alasan kenapa areola begitu reaktif saat dingin.

Todd Disotell dari New York University, Dana Holwitt dari Montclair Breast Center, dan Philip Myers dari University of Michigan berusaha menjelaskannya. Ketiganya menuliskan, suhu rendah akan merangsang otot-otot kecil di folikel rambut Anda. Ini yang menyebabkan bulu kuduk berdiri.

Pada mamalia berambut, puting ereksi itu dikenal sebagai refleks pilomotor, yang menghasilkan lapisan isolasi. Ini menyebabkan puting dan areola berbintil-bintil seperti dikutip dari Slate, Kamis (12/6/2014).

Areola (daerah berwarna di sekitar puting) yang merupakan salah satu daerah yang paling sensitif dari tubuh juga memiliki sel-sel otot polos yang berkontraksi bila dirangsang, baik pada pria maupun perempuan. Cuaca dingin bisa membuat kulit mengerut ke dalam sedangkan puting menonjol.

Menekan otot-otot tersebut juga bisa meningkatkan kelenjar montgomery, bintil-bintil kecil di sekitar puting susu yang bisa mengeluarkan cairan ASI. Sebenarnya tak hanya perempuan, pria juga memiliki kelenjar Montgomery.

Selain sensitif terhadap dingin, puting juga bisa menjadi keras karena menyusui atau gairah seksual. Keduanya merangsang pelepasan hormon oksitosin, yang memicu refleks pilomotor.

"Pria dan wanita sama-sama rentan mengalami refleks pilomotor selama aktivitas seksual, meskipun efeknya kurang terlihat pada payudara pria," katanya.

Beberapa orang ada yang sering mengalami puting ereksi dengan mudah dibanding yang lain. Dan ini bisa menjadi sumber rasa sakit atau ketidaknyamanan.







* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini