Sukses

Saus Tomat Bantu Lawan Penyakit Jantung

Beragam saus dan semacamnya selama ini dianggap buruk buat kesehatan, termasuk saus tomat. Namun, sebenarnya saus tomat baik buat kesehatan.

Liputan6.com, London Beragam saus dan semacamnya selama ini dianggap buruk buat kesehatan, termasuk saus tomat. Namun, sebenarnya saus tomat baik buat kesehatan.

Ahli kesehatan di University of Cambridge dan Cambridge University Hospitals NHS Trust menemukan, mengonsumsi saus tomat bisa meningkatkan kekuatan dan kelenturan pembuluh darah.

Para peneliti ini melibatkan 36 pasien yang mengalami penyakit jantung dan 36 pasien yang sehat.  Pasien-pasien itu minum pil yang disebut Ateronon, yang mengandung 7 milligram lycopene (bahan yang terkandung di tomat) atau plasebo setiap harinya selama dua bulan.

Hasilnya, pada responden yang sakit maka pembuluh darah mereka melebar hingga 53 persen. Ini disebabkan meningkatnya fungsi endothelium, lapisan dinding sel di dalam pembuluh darah.

Penyempitan pembuluh darah merupakan salah satu faktor utama yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke karena penyempitan pembuluh darah bisa mengurangi aliran darah. Tapi, pemberian suplemen itu tidak berpengaruh pada tekanan darah, kekakuan arteri atau tingkat lipid.

Sementara itu pemberian pil tomat tak berpengaruh pada sukarelawan yang sehat yang pembuluh darahnya sudah normal.

"Pil tomat bukan menjadi pengganti untuk perawatan lainnya, namun bisa memberikan manfaat tambahan ketika diminum dnegan obat lain," kata Dr Joseph Cheriyan, dari Addenbrooke Hospital dan Cambridge University seperti dilansir Telegraph, Rabu (11/6/2014).

 

 


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.