Sukses

6 Tips Cegah Serangan Lalat di Rumah

Lalat dihubungkan dengan banyak penyakit seperti tifus dan disentri. Karena itu, sebaiknya Anda menjauhkan lalat dari makanan.

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang rela melihat lalat mampir di makanan kita. Apalagi, binatang bersayap ini terkenal sering menghabiskan waktunya di tempat pembuangan sampah. Berbagai cara ditempuh agar si lalat pergi seperti menempatkan lem lalat atau memukulnya dengan sapu lidi.

Anda bisa mencoba trik sederhana agar si lalat pergi dan kesehatan Anda pun terjaga. Si lalat tak memiliki gigi atau rahang. Lalat itu membasahi permukaan yang padat dengan muntahnya, kemudian mereka menyedotnya lagi dan kadang mengeluarkan muntah dari makanan lama. Ini membuktikan si lalat begitu kotor.

Lalat dihubungkan dengan banyak penyakit seperti tifus dan disentri. Karena itu, sebaiknya Anda mengusir lalat.

Apabila dibandingkan dengan beberapa hewan lainnya, mengusir lalat itu lebih sulit dibanding yang Anda bayangkan. Evolusi yang membuat lalat memiliki penglihatan yang sangat baik dan kemampuan terbang dalam kesulitan. Anda yang pernah mencoba memukul lalat tentu tahu rasanya.

Berikut beberapa tips agar lalat jauh dari rumah Anda seperti dilansir Boldsky, Selasa (10/6/2014):

1. Cari sumbernya

Lalat menyukai yang kotor, lembab, sampah, dan busuk. Lihatlah di sekitar rumah dan lingkungan Anda. Apakah ada daerah yang menarik lalat atau belatung berkembang? Kompos dari sampah, tempat pembuangan sampah, atau tempat penyimpanan bisa menjadi tersangka utamanya. Daerah seperti ini seharusnya dibersihkan atau ditutup jika memungkinkan.

2. Jangan biarkan

Lebih sulit mengusir lalat yang masuk ke rumah. Cobalah menutup kaca dan pintu di rumah Anda untuk mencegah lalat masuk. Atau jika Anda tak ingin mengorbankan sinar matahari dan udara segar, cobalah agar pintu dan jendela Anda ada kasanya.

3. Bersih

Lalat menyukai yang kotor-kotor dan tertarik dengan yang manis dan berbau busuk. Bersihkan semua permukaan dan pastikan mereka tidak lengket karena tumpahan atau sisa makanan. Pastikan sampah di dalam kantong yang terikat dan tempat sampah tertutup.

4. Tutup semua makanan

Kebersihan sangat penting untuk mengusir lalat. Menutup makanan tak hanya melindungi dari lalat, tapi juga dari mikroorganisme dan oksidasi. Lalat tertarik dengan buah yang matang, sehingga usahakan agar makanan ini tertutup. Selain itu, yang terutama tutup daging.

5. Aromaterapi

Semprotan kimia konvensional efektif, tapi ini juga beracun. Herbal merupakan pertahanan alami dari lalat. Salah satu trik untuk membuat lalat pergi dan direkomendasikan ahli adalah dengan kemangi dan menyimpannya di dekat pintu, tempat lalat masuk. Beberapa orang menyebutkan minyak esensial seperti lavender dan eucalyptus, efektif untuk mengusir lalat.

6. Perangkap

Ada banyak trik pintar untuk membuat lalat pergi, beberapa ada yang canggih. Salah satu yang dicoba adalah flypaper yakni kertas dengan lem aroma manis agar lalat terperangkap. Ada juga flyswatters, baik yang menggunakanlistrik dan non-listrik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.