Sukses

Tips Memasak Tanpa Minyak

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memasak tanpa minyak, mungkin beberapa memasak ini bisa dicoba

Liputan6.com, Jakarta Masih ingat dengan penelitian Dr. David Tanne dari Tel-Aviv University dan the Chami Sheba Medical Center di Tel-Hashomer, Israel? Mereka menemukan, orang yang memiliki banyak lemak di bagian tengah tubuh, berisiko tinggi untuk meninggal karena stroke dibanding mereka yang lemaknya tersebar merata ke seluruh tubuh. (Baca: Tanda Stroke Ada di Lemak Perut)

Menjaga perut rata memang tidak mudah. Apalagi saat ini berbagai jenis makanan tersedia secara instan. Di rumah pun, lebih mudah memasak dengan menggoreng atau menumis. Tapi Anda tahu, terlalu banyak menggunakan minyak saat memasak bukan hanya bisa menyebabkan kolesterol tinggi tapi juga obesitas yang berpotensi penyakit jantung dan stroke. Untuk itu para ahli kesehatan lebih banyak menyarankan memasak tanpa minyak. Lantas bagaimana caranya?

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memasak tanpa minyak untuk mencegah penyakit jantung dan obesitas, mungkin beberapa metode memasak dari Healthmeup ini bisa Anda coba, Selasa (10/6/2014).

1. Memasak dengan air

Cobalah memasak dengan air atau kaldu sayuran bukan minyak. Cincang bawang dapat digoreng dengan sedikit minyak dengan menambahkan sedikit garam. Setelah itu tambah air dan tumis bahan masakan dalam wajan panas. Anda juga dapat menambahkan sayuran lainnya.

2. Panggang

Banyak makanan dapat dipanggang seperti kentang goreng atau ayam. Selain rendah kalori, hidangan panggan bisa membantu Anda yang sedang berdiet. Selain itu metode ini juga menghemat waktu dan memelihara vitamin dalam makanan. Sehingga memanggang merupakan pilihan terbaik untuk menghindari penyakit jantung dan menjalani gaya hidup sehat .

3. Mengukus

Meski tanpa minyak, cara lain memasak sehat yakni dengan mengukus. Perlu diketahui, mengukus sayur memiliki banyak manfaat seperti mudah dicerna, menghindari perut kembung dan gangguan pencernaan.

4. Merebus

Merebus masakan bisa dilakukan dengan air atau kaldu mendidih. Seperti masak sup, tambahkan daging atau sayuran untuk itu. Anda tidak harus menggunakan minyak dan justru membuat makanan lebih mudah dicerna.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.