Sukses

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Gigi Mudah Rusak

Sedikit orang yang menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari pun menjadi sebab mengapa gigi mudah sekali rusak.

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit yang tahu bahwa merokok, mengonsumsi kopi berlebihan, dan menyikat gigi terlalu keras adalah faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan gigi. Namun sedikit yang menyadari bahwa kebiasaan yang dilakukan sehari-hari pun menjadi sebab mengapa gigi mudah sekali rusak.

Dikutip dari laman Health Me Up, Selasa (10/6/2014) ada beberapa kebiasaan buruk yang kerap dilakukan, yang merupakan penyebab gigi menjadi rusak.

1. Terlalu bersemangat

Demi menciptakan gigi yang bersih menyeluruh, kita cenderung menyikat gigi terlalu bersemangat. Kebiasaan ini kerap dianggap baik, padahal efeknya dapat merusak enamel serta menyebabkan gigi menjadi sensitif.

2. Membuka tutup botol

Membuka tutup botol minuman bersoda dengan gigi juga dapat membahayakan kesehatan gigi kita. Ini dapat menyebabkan gigi menjadi retak. Kita harus ingat, gigi hanya boleh digunakan ketika makan, bukan untuk digunakan sebagai alat pembuka tutup botol.

3. Kunyah es

Mengunyah es tidak hanya berisiko terjadinya keretakan pada gigi. Tapi dapat mengiritasi jaringan di bawah gigi, sehingga menyebabkan gigi menjadi sakit. Jika Anda memiliki keinginan untuk mengunyah, cobalah untuk mengunyah permen karet sebagai gantinya.

4. Tindik bibir dan lidah

Bibir dan lidah yang ditindik akan memengaruhi kesehatan gigi. Logam kecil tersebut akan bergesekan pada gusi yang secara perlahan dapat menyebabkan abrasi dan kerusakan dari waktu ke waktu. Anda pun dapat secara tidak sengaja menggigit tindikan itu sehingga berisiko pada keretakan pada gigi.

5. Gesekan pada gigi (grinding)

Beberapa orang memiliki kebiasaan untuk menggesek atau mengadu gigi bagian atas dan bawah tanpa sadar, terutama saat didera stres.  Grinding menyebabkan gigi mudah sekali rusak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.