Sukses

7 Trik Redakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Sakit kepala tak selalu harus diminumi obat. Ada kalanya Anda perlu mencoba beberapa langkah untuk meredakan sakit kepala yang mengganggu.

Liputan6.com, New York Sakit kepala terdengar sepele tapi sungguh mengganggu. Penyebab sakit kepala ini juga berbeda-beda. Saat sakit kepala orang biasanya ingin tidur atau istirahat. Tak hanya itu, ada juga yang memilih minum obat tapi tak semua sakit kepala bisa sembuh dengan obat.

Situs WomensHealthMag, Selasa (3/6/2014), berbagi tujuh teknik meredakan sakit kepala tanpa obat:

1. Manjakan diri dengan kafein

Kopi bisa menjadi obat untuk kepala yang berdenyut-denyut. Apabila Anda termasuk orang yang tak bisa bekerja tanpa secangkir kopi di pagi hari, Anda mungkin akan mengalami sakit kepala bila tak meminumnya.

Tak minum kopi bisa membuat adenosine, zat kimia yang memengaruhi pembuluh darah yang menyebabkan denyutan dan nyeri yang tak diinginkan.

2. Berhubungan seks

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di Caphalalgia menunjukkan, berhubungan intim bisa mengurangi sakit kepala. Anehnya, 43 persen orang merasa sakit kepalanya reda setelah bekerja, sedangkan 18 persen merasa lebih baik setelah orgasme.

Lantas apa hubungan hubungan seks dengan sakit kepala? "Bercinta meningkatkan oksitosin, yakni hormon kesenangan dan endorfin di dalam otak, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami," kata Saralyn Mark , MD , penulis Stellar Medicine : A Journey Through The Universe of Women's Health.

3. Makan camilan

Ketika Anda sakit kepala, coba tanyakan ke diri sendiri apakah Anda sudah makan. Gula darah yang rendah sering menyebabkan sakit kepala, belum lagi membuat Anda merasa pusing.

Untuk itu, pertahanan yang terbaik adalah makan sepanjang hari. Apalagi jika Anda sibuk dengan banyak pekerjaan. Cobalah menyetok camilan sehat agar gula darah Anda terjaga dan bisa mengurangi sakit kepala.

4. Minum air

Apabila Anda sakit kepala minumlah. Sebuah penelitian di The Journal of Nutrition menemukan, dehidrasi bisa membuat seseorang sakit kepala parah. Minum lebih banyak air bisa meredakan nyari berdenyut di kepala dalam hitungan menit.

5. Secangkir teh

Sakit kepala mungkin disebabkan stres. Sebuah penelitian di London menemukan, minum teh hitam bisa menurunkan kadar kortisol. Menurut Direktur Medis Manhattan Headache Center, Susan Broner MD, Anda harus memilih teh jahe jika sakit kepala disertai mual karena ini bisa membantu menenangkan sakit perut.

6. Jauhkan diri Anda dari layar

Ketika sakit kepala menyerang, Anda mungkin ingin mematikan layar komputer Anda.

"Migren sering diperburuk oleh sensitivitas cahaya yang masuk melalui retina dan ke pusat nyeri otak," kata Broner.

Ruangan yang terang seperti layar yang menyala bisa membuat sakit kepala lebih buruk. Sebuah penelitian juga menemukan, memegang ponsel terlalu dekat bisa membuat mata Anda tegang dan memicu sakit kepala. Jadi, jauhkan ponsel Anda sampai nyeri kepala reda.

7. Peregangan

Sakit kepala mungkin disebabkan ketegangan di leher dan bahu. Cobalah Anda meregangkan otot Anda dengan pose yoga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini