Sukses

Menkes Kesal Sopir Angkot Masih Merokok

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengaku suka kesal dengan para sopir angkutan umum yang masih saja merokok. Padahal itu mengganggu.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi mengaku suka kesal dengan para sopir angkutan umum yang masih saja merokok. Baginya, merokok di angkutan umum itu mengganggu kenyamanan penumpang.

"Sopir angkot merokok itu kalau ditegur suka bilang, `Kalau nggak mau hisap asap rokok, jangan naik mobil saya`. Saya kesal, kenapa masih ada masyarakat yang berpikir seperti itu," ujar Menkes saat acara Indonesian Conference on Tobacco or Health (ICTOH), Jumat (30/5/2014).

Padahal, lanjut Menkes, peraturan tentang larangan merokok di angkutan umum jelas ada di PP 109/2012. Dalam PP tersebut, menyebutkan Kawasan Tanpa Rokok yang didalamnya termasuk di angkutan umum.

Angkutan Umum yang dimaksud juga meliputi kendaraan kecil seperti angkot, bemo, bajai, dan lain-lain. Lalu juga kendaraan besar meliputi bus metromini, bus-bus antar kota maupun antar propinsi. Selain itu juga kendaraan seperti kereta, kapal laut, pesawat, dan berbagai angkutan umum lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini