Sukses

Ini Produk Cokelat Cadbury Indonesia yang Dapat Sertifikasi Halal

Sejumlah cokelat Cadbury Indonesia sudah mendapatkan sertifikasi halal. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Beredarnya cokelat Cadbury Malaysia yang mengandung babi menjadi perhatian bagi konsumen di Indonesia. Maklum saja, cokelat Cadbury juga dipasarkan di Indonesia.

Dua produk Cadbury Malaysia yang terindikasi mengandung babi adalah Cadbury Dairy Milk Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond. Tapi, kedua produk tersebut tidak termasuk dalam produk yang mendapat sertifikasi dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI.

Berikut sejumlah cokelat Cadbury yang telah mendapat Sertifikasi Halal oleh MUI untuk PT Cadbury Indonesia seperti dikutip dari situs resmi LPPOM MUI, Kamis (29/5/2014):

1. Cadbury Dairy Milk (Milk Chocolate)
2. Cadbury Dairy Milk Cashew & Cookies
3. Cadbury Dairy Milk Caramello
4. Cadbury Dairy Milk Panned Assortment
5. Cadbury Dairy Milk Panned Almond Nuts
6. Cadbury – Choclairs Caramel
7. Cadbury Dairy Milk Fruits and Nuts
8. Cadbury Dairy Milk Black Forest
9. Cadbury Dairy Milk Rolls (Milk Chocolate Bite Sized)
10. Cadbury Hot Chocolate Drink 3 in 1

"Apabila ditemukan produk yang beredar di pasaran dan di luar daftar yang telah disertifikasi oleh LPPOM MUI, hal tersebut di luar kewenangan dan tanggung jawab LPPOM MUI," tulis LPPOM MUI.

Menurut MUI, sertifikasi itu merujuk pada pedoman Halal Assurance System (HAS 23000) yang menyebutkan:

"Pada Sertifikat halal dicantumkan nomor Sertifikat, nama dan alamat perusahaan, nama dan alamat pabrik, nama produk secara rinci serta masa berlaku Sertifikat.  Jika terdapat beberapa nama pabrik atau nama produk cukup banyak, maka data tersebut dituliskan dalam lampiran Sertifikat, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Sertifikat halal.

Baca Juga:


Jejak DNA Babi Ditemukan di Cokelat Cadbury Malaysia 

Keripik Bourbon Ditarik BPOM Karena Diduga Mengandung Babi

BPOM: Produk Cadbury di Indonesia Halal, Tapi Ilegal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini