Sukses

Pakai Lensa Kontak 14 Jam, Aimee Hampir Buta

Aimee Mc William terpaksa melakukan perawatan insentif setelah mengalami luka serius pada mata karena penggunaan kontak lensa terlalu lama

Liputan6.com, Jakarta Seorang perancang busana ternama di London, Inggris, Aimee Mc William terpaksa melakukan perawatan insentif setelah mengalami luka serius pada mata karena penggunaan lensa kontak terlalu lama.

Seperti dianjurkan oleh para dokter, saran umum yang diberikan pada pasien yang ingin menggunakan lensa kontak sebenarnya tidak boleh lebih dari delapan jam sehari. Tapi apa yang diperbuat Aimee, ia merasa nyaman dan menggunakannya lebih dari 14 jam sehari.

Hingga pada saat check up tahunan, dokter memperlihatkan kerusakan pada mata Aimee menggunakan mikroskop kecil khusus. "Saya merasa ngeri. Saya selalu menggunakan lensa kontak dari pukul 7 pagi hingga tengah malam dan mendapati mata saya hampir buta."

Di samping itu, konsultan ahli bedah mata di Southend University Hospital dan BMI Southend Hospital Hosam Kasaby mengungkapkan yang dialami Aimee yaitu neovascularisation kornea. Dalam kondisi ini, lensa kontak menghalangi kornea mata untuk menangkap oksigen sehingga kornea kekurangan oksigen.

"Jika dibiarkan, mata bisa buta karena tertutup dengan pembuluh darah, dan mengubah kornea menjadi buram. pada stadium lanjut, mata akan memerah, dan pada saat itu mungkin sudah terlambat," kata dr Hosam, seperti ditulis Dailymail, Selasa (27/5/2014).

Spesialis mata lainnya Robert Glass menjelaskan Neovascularisation Kornea terjadi karena lensa kontak terbuat dari bahan plastik yang mengandung air. Tapi ada juga jenis baru lensa kontak yang dikenal sebagai hidrogel silikon. "Jenis ini memungkinkan lebih banyak oksigen untuk melewati udara ke kornea dan membuat mata lebih sehat," katanya.

Robert juga menjelaskan, tidak semua lensa kontak aman digunakan lama. Sehingga penting bagi pasien untuk berkonsultasi pada dokter mata sebelum menggunakan lensa kontak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini