Sukses

6 Manfaat Menyusui buat Balita

Ada banyak perempuan yang terus menyusui anaknya sampai berusia 3 sampai 4 tahun. Lantas apa manfaatnya?

Liputan6.com, New Delhi Air Susu Ibu tetap (ASI) menjadi susu terbaik. Semua wanita tentu menyadari tentang pentingnya ASI. Namun, keraguan muncul ketika ibu harus memutuskan kapan harus menghentikan ASI ke balita Anda.

Ada banyak perempuan yang terus menyusui anaknya sampai berusia 3 sampai 4 tahun. Tapi, apabila ibu memilih melanjutkan ASI hingga di atas dua tahun, pemenuhan gizi dari ASI saja tidak cukup.

Dr. Jack Newman menjelaskan, UNICEF telah lama mendorong menyusui selama dua tahun dan lebih lama. Dan American Academy of Pediatrics mendorong ibu untuk menyusui, setidaknya satu tahun dan selama ibu dan bayi menginginkan.

"Menyusui untuk 3 dan 4 tahun telah umum di sebagian besar dunia dan balita yang menyusui masih umum di kebanyakan masyarakat," katanya.

Apabila Ada yang mengatakan ASI tak memiliki nilai setelah enam bulan, informasi itu kurang lengkap. Dr Newman menjelaskan, bahkan setelah enam bulan ASI masih mengandung protein, lemak dan unsur penting lainnya.

ASI masih mengandung faktor kekebalan tubuh yang membantu melindungi anak bahkan ketika ia berusia dua tahun atau lebih. Bahkan , beberapa faktor imun dalam ASI yang melindungi bayi dari infeksi lebih baik pada tahun kedua kehidupan dibandingkan yang pertama.

Meningkatkan ikatan dengan bayi merupakan kunci ibu senang menyusui balitanya. Berikut beberapa manfaat dari menyusui yang dirasakan balita Anda di sepanjang hidupnya seperti dilansir Boldsky, Kamis (29/5/2014):

1. Cepat menyembuhkan tantrum

Tidak ada obat yang lebih baik membuat anak Anda tenang setelah marah-marah. Ingat, balita Anda hanya selangkah lebih maju dari bayi. Memperlakukan mereka seperti bayi akan membantunya tetap lebih nyaman. Ini adalah salah satu manfaat paling penting dari balita menyusui.

2. Peningkatan kekebalan

Menyusui memberikan perlindungan tubuh yang sangat dibutuhkan anak-anak. ASI merupakan sumber terbaik dari semua agen pelindung kekebalan tubuh yang akan membantu anak Anda hidup sehat.

3. Gizi

Setelah Anda mulai memberikan anak Anda makanan padat, Anda akan menemukan  tak ada yang lebih sulit dibanding membuat perut balita Anda kenyang.

Apabila Anda menyusui bayi dengan ASI, Anda tak punya alasan untuk khawatir. Balita Anda mendapatkan hampir semua nutrisi dari ASI, meski mereka membutuhkan suplemen tambahan seperti kalsium atau lemak.

4. Tidur nyenyak

Salah satu tips balita yang sulit tidur adalah menyusuinya. Menyusui akan membuat anak-anak tertidur dengan cepat.

5. Turunkan berat badan ibu

Apabila berat badan ibu naik selama kehamilan, Anda tak perlu banyak latihan atau diet ketat untuk mengurangi berat badan apabila masih menyusui. Menyusui merupakan cara termudah menurunkan kelebihan berat badan.

6. Makanan alami terbaik

Apabila Anda ingin memberikan suplemen buatan buat balita Anda, tetap menyusuinya selama beberapa tahun. ASI menyediakan hampir semua nutrisi penting untuk pertumbuhan dan perkembangan balita. Tapi, jangan lupa menambahkan kalsium dan zat besi dari makanan sumber lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.