Sukses

Ayo Tebak, Ini Buah atau Sayur?

Inilah fakta yang perlu Anda ketahui. Banyak orang salah menilai beberapa kategori sayur dan buah

Liputan6.com, Jakarta Inilah fakta yang perlu Anda ketahui. Banyak orang salah menilai beberapa kategori sayur dan buah. Seperti misalnya terong yang lebih sering dimasak bersama sayuran, tak banyak yang mengetahui bahwa terong termasuk jenis buah-buahan.

Mengutip laman News, Minggu (25/5/2014), kamus Oxford mendefinisikan buah sebagai  hasil dari pembuahan tanaman berbunga. Sedangkan sayur mengacu pada bagian yang dapat dimakan dari tumbuhan seperti akar, batang, daun atau seperti seledri, selada, kentang dan sebagainya.

Lebih jelasnya, berikut 4 buah-buahan yang sering dikira sayur tapi sebenarnya buah sebagai berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Terong Ungu


1. Terong ungu

Terong ungu yang sering dimasak balado atau kuah santan ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti membantu melindungi membran sel otak dari segala macam kerusakan, pencegah kanker, antivirus, penurun kolesterol, menjaga kulit sehat, melancarkan peredaran darah sehingga baik dikonsumsi untuk penderita jantung, dan kandungan kecil nikotinnya dapat membantu Anda untuk berhenti merokok.

 

3 dari 6 halaman

Zaitun

2. Zaitun

Meski banyak orang mengenal minyaknya, zaitun juga sering dikategorikan sebagai tumbuhan padahal secara teknis, ini masuk golongan buah. Magforwomen melaporkan, buah zaitun memiliki banyak manfaat kesehatan seperti mencegah kanker, mencegah penuaan dini, membantu masalah pencernaan, mencegah penyakit jantung, diabetes, asma dan memperbaiki fungsi mata.

4 dari 6 halaman

Ketimun


3. Ketimun

Fitnea melaporkan, ketimun memiliki manfaat kesehatan seperti mengurangi racun dalam tubuh, kaya vitamin dan mineral, membantu mengurangi berat badan dan fungsi pencernaan, mengurangi risiko diabetes dan kolesterol, mencegah bau mulut, mengurangi nyeri sendi dan menjaga ginjal tetap sehat.

5 dari 6 halaman

Labu Kuning



4. Labu kuning

Labu kuning memiliki banyak kandungan gizi di dalamnya seperti vitamin A dan beta karoten yang baik untuk mata dan jantung, vitaminC, zat besi dan kalium.

6 dari 6 halaman

Paprika


5. Paprika

Satu lagi yang termasuk buah-buahan, paprika. Buah ini memang termasuk keluarga cabai tapi paprika memiliki manfaat kesehatan karena tinggi vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh bisa menurunkan kolesterol jahat, mengontrol diabetes, meredakan nyeri dan inflamasi.

Sebelumnya, Ahli gizi di Inggris, Dr Alison Tedstone, mengungkapkan, jus buah merupakan pilihan terbaik untuk sehat. Ia merekomendasikan untuk mengonsumsi lima buah per hari. Tapi dia memperingatkan, jus buah tinggi gula hanya boleh diminum sekali sehari karena bisa berisiko sebabkan diabetes.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini