Sukses

Ajari Bahaya DBD ke Anak bisa Lewat Lagu

Di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), anak-anak diajarkan menyanyi tentang Demam Berdarah Dengue.

Liputan6.com, Padang Siapa bilang membuat anak mengerti bahaya virus dengue yang dibawa oleh nyamuk itu sulit? Di Padang, Sumatra Barat (Sumbar), anak-anak Pendidikan Usia Dini (PAUD) Harmoni Permata Bunda diajarkan menyanyi tentang Demam Berdarah Dengue.

Salah seorang guru PAUD tersebut Ida mengungkapkan bahwa nyanyian DBD diciptakan khusus oleh Kader Posyandu, ibu Dewi Mina Ayu untuk membuat anak-anak mengerti DBD dan memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

"Mendidik anak melalui lagu, setidaknya membuat anak mengerti tentang bahaya DBD seperti misalnya, bagaimana sampah itu harus dibuang ke tempatnya," kata Ida saat ditemui wartawan dalam kunjungan ke Padang, Sumatra Barat, ditulis Rabu (21/5/2014).

Untuk mengetahui lebih lanjut, Ida pun menerangkan lirik lagu DBD sebagai berikut:

"Mari kawan, kita jaga lingkungan agar bersih dan sehat selalu. Tempatkan sampah, sesuai jenisnya dan jangan dibuang sembarangan.

Mari kawan semua kita berantas nyamuk si belang hitam putih yang nakal agar kita tak terjangkit penyakit DBD.

Lakukan gerakan 3 M plus. Menutup, mengubur, menguras sarang dan jentiknya dan ikanisasi."

Sebelumnya, bahaya DBD pada anak cukup berbahaya. Melansir laman WebMD, gejala DBD pada anak bisa mengakibatkan gejala serius seperti Dengue Shock Syndrome (DSS) yang dapat menyebabkan kematian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini