Sukses

Minyak Zaitun dan Sayuran Turunkan Tekanan Darah

Cobalah memasukkan minyak zaitun pada sayuran Anda karena ini bisa mengurangi tekanan darah.

Liputan6.com, New York Menurunkan tekanan darah bisa dari makanan yang Anda konsumsi. Cobalah memasukkan minyak zaitun pada menu yang biasa Anda konsumsi karena ini bisa mengurangi tekanan darah.

Lemak tak jenuh pada minyak zaitun bereaksi dengan senyawa tertentu di dalam sayuran sehingga membentuk senyawa ketiga yang bisa mengurangi tekanan darah.

Temuan tersebut mungkin menjelaskan mengapa diet Mediterania tampaknya bisa menurunkan tekanan darah dan mencegah penyakit jantung.

Ketika minyak zaitun dan sayuran dicerna bersama-sama, perut menyediakan lingkungan untuk asam lemak yang bereaksi dengan senyawa nitrogen dalam sayuran, dan senyawa yang dibentuk disebut asam lemak nitro, yang terbukti menjaga tekanan darah pada hewan.

Para peneliti menggunakan tikus untuk menyelidiki bagaimana asam lemak nitro bisa menyebabkan berkurangnya tekanan darah. Hewan yang digunakan dalam penelitian ini memiliki tekanan darah yang tinggi dan diberi minyak zaitun dengan asam lemak omega-6 bersama dengan natrium nitrit, untuk meniru komponen dari diet Mediterania, selama lima hari.

Hasilnya, diet bisa meningkatkan asam lemak nitro pada tikus dan menurunkan tekanan darah mereka.

Bukti ini diperkuat oleh fakta bahwa sekelompok tikus yang dimodifikasi secara genetik dan resisten terhadap efek penghambatan enzim ditemukan tekanan darah tingginya bertahan meski sudah melakukan diet yang sama.

Pada diet Mediterania, pelaku mengonsumsi lemak tak jenuh yang ditemukan dalam minyak zaitun, ikan, dan kacang-kacangan, serta sayuran seperti bayam, seledri, dan wortel yang kaya akan nitrogen.

"Meskipun tinggi lemak bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diet Mediterania tampaknya mencegah penyakit jantung," kata peneliti seperti dilansir LiveScience, Selasa (20/5/2014).

Ini mungkin karena lemak yang dimakan bersama sayuran berdaun hijau dan mengakibatkan produksi asam lemak.

Asam lemak nitro telah terdeteksi dalam darah dan urine manusia serta hewan. Asam ini terbukti membuat rileks pembuluh darah dan mengurangi peradangan.

Penemuan baru ini menunjukkan diet Mediterania yang melindungi jantung sebagian datang dari asam lemak nitro.
Penelitian ini dicantumkan dalam Jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.