Sukses

Tanpa Perawat, Dokter Pria Dilarang Terima Pasien Wanita

Kemenkes Arab menyatakan, dokter pria dilarang memeriksakan pasien wanita bila tak didampingi perawat.

Liputan6.com, Jakarta Edaran baru telah dikeluarkan Kementerian Kesehatan Arab Saudi untuk para dokter yang ada di sejumlah rumah sakit. Kemenkes menyatakan, dokter pria dilarang memeriksa pasien wanita bila tak didampingi perawat.

Edaran ini dibuat setelah sejumlah pria melaporkan ketidaknyamanan dan rasa risihnya ketika melihat sang istri diperiksa oleh dokter pria ke Kementerian Kesehatan Arab Saudi beberapa waktu lalu.

Para suami itu meminta agar Kemenkes menetapkan sebuah peraturan, ketika pasien melakukan check-up, harus dilakukan oleh dokter wanita atau setidaknya, memiliki seorang perawat wanita bila dokter tersebut pria.

"Edaran ini didistribusikan ke berbagai departemen, rumah sakit, dan pusat kesehatan untuk menetapkan bahwa pasien wanita harus diperiksa dengan menghadirkan setidaknya satu perawat wanita di dalamnya," kata Juru Bicara Kesehatan Umum di Provinsi Timur, Khalid Al-Esaimi seperti dikutip Arab News, Senin (19/5/2015)

Bahkan, lanjut dia, karyawan pria pun tidak diizinkan masuk ke dalam ruang pemeriksaan atau bagian yang dialokasikan untuk pasien wanita tanpa alasan yang jelas, dan harus mendapatkan persetujuan terlebih dulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini