Sukses

Sandi Rahasia Agar Jantung Anda Sehat

Ini dia sandi rahasia agar jantung Anda makin sehat

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah faktor risiko menjadi penyebab terjadinya penyakit jantung. Yakni merokok, darah tinggi, kolesterol, riwayat keturunan jantung, dan kencing manis. Bila ini tidak dihentikan akan berakibat fatal, dan tidak jarang berujung pada kematian.

Tentunya, Anda tidak ingin kondisi ini terjadi pada diri sendiri, bukan? Untuk itu pahamilah rumus `035140530` dan lakukanlah panduan itu, agar Anda terhindar dari penyakit jantung, dan jantung tetap sehat sampai kapan pun.

"Sekilas memang mirip lotre, tapi ini sandi rahasia yang besar manfaatnya bila Anda laksanakan," kata Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Rumah Sakit Mayapada Jakarta, dr. Ika K Dhanudibroto, Sp.JP dalam seminar bertajuk `Jakarta Cardiovaskular Summit 2014` di The Ritz-Carlton Hotel, Kuningan, Jakarta, Sabtu (17/5/2014)

Dalam kesempatan itu, Ika pun menjelaskan maksud dari `sandi rahasia` untuk jantung yang sehat itu;

0 = No Smoking

Merokok diyakini sebagai faktor risiko terbesar terjadinya penyakit jantung. Tidak hanya penyakit ini, untuk semua jenis penyakit, rokoklah yang menjadi penyebabnya.

Namun sayangnya, meski sudah banyak orang mengetahui akan bahaya yang diakibatkan dari merokok, sangat sulit untuk mereka menghentikan kebiasaannya itu. Padahal, asap rokok mengandung lebih dari 4 ribu zat kimia yang sudah tentu sangat berbahaya untuk kesehatan.

"Rokok ini musuh jantung dan organ lainnya. Jadi, kalau bisa jangan sampai merokok. Tapi kalau sudah merokok, harus dihentikan segera," kata dia menerangkan.

3 = Olahraga secara teratur

"Tiga kali per minggu harus rutin berolahraga, dengan jarak 3 kilometer, dan dilakukan selama 30 menit," kata Ika menambahkan.

Kesibukan masyarakat saat ini, jelas Ika, membuat orang tidak sempat untuk melakukan olahraga secara rutin. Namun, untuk mencegah terjadinya penyakit ini, Ika menghimbau, masyarakat harus mulai membiasakan diri untuk olahraga secara teratur.

Tak perlu harus ke pusat kebugaran, cukup jalan kaki saja jantung dijamin sehat.

5 = untuk porsi buah dan sayur

Satu kebiasaan lainnya yang sangat sulit untuk dilakukan masyarakat adalah mengonsumsi 5 porsi buah dan sayur setiap harinya.

Padahal, bila kita selalu memasukkan diet ini dalam kehidupan sehari-hari, serat yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah kita.

140 = tensi

"Tekanan darah sistolik kita harus 140 mm/Hg. Jangan sampai melebihi angka ini. Sebab, jantung akan bekerja lebih sehingga berisiko mengalami kerusakan," kata Ika.

5 = untuk kadar kolesterol

Kadar kolesterol secara total yang diizinkan adalah 5 mmol/L. Wanita cantik ini menerangkan, kolesterol sangat berbahaya karena dapat memicu jantung akibat peredaran darah tidak lancar.

3 = kadar kolesterol jahat

Kolesterol di dalam tubuh, terang dia, terdiri atas HDL dan LDL (kolesterol jahat). Jumlah untuk LDL tidak boleh melebih 3 mmol/L. Untuk itu, Anda harus pintar dalam mengatur kadar kolesterol dalam tubuh

0 = obesitas

Seperti diketahui, obesitas pun merupakan faktor risiko dari penyakit kardiovaskular ini. Jika Anda tergolong obesitas, turunin segera berat badan Anda dengan olahraga teratur, dan menjalani pola diet yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.