Sukses

Awas, Kurang Kalsium Bisa Kena Serangan Jantung!

Kalsium berfungsi untuk mengatur kontraksi otot termasuk otot jantung, penghantaran saraf maupun pembekuan darah

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan kalsium bukan hanya akan menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang. Karena kalsium berfungsi untuk mengatur kontraksi otot termasuk otot jantung, penghantaran saraf maupun pembekuan darah. Maka Anda perlu mendapatkan kalsium yang cukup.

Begitu disampaikan Spesialis Gizi Klinik dari RS Medistra, dr. Cindiwaty Pudjiadji MARS. MS. SpGK saat ditemui wartawan. Dengan alasan tersebut, Ia mengatakan, kalsium merupakan salah satu elemen penting yang bermanfaat bagi tulang juga jantung. Masalahnya, kebutuhan asupan kalsium masyarakat Indonesia masih kurang.

"Berdasar Pedoman Pengendalian Osteoporosis Menteri Kesehatan tahun 2008, asupan kalsium orang Indonesia baru 254 miligram per hari, jauh dari yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yaitu 1.000-1.300 miligram per hari," kata Cindy, seperti ditulis Jumat (16/5/2014).

Cindy mengungkapkan, masyarakat perlu tahu dan paham bahwa nutrisi yang paling butuhkan untuk tulang adalah kalsium. Dan susu merupakan bahwa makanan yang mengandung kalsium sangat tinggi. Sayang, tidak semua orang bisa mengonsumsi susu sapi akibat alergi laktosa atau mengalami intorelansi laktosa. Karena itu memerlukan kalsium tambahan dari sumber lain atau suplemen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini