Sukses

Benarkah Makan Sayap Ayam Picu Sel Kanker Pada Wanita?

Bahaya mengonsumsi sayap dan kaki ayam yang bisa meningkatkan risiko kanker pada wanita memang perlu ditelusuri kebenarannya.

Liputan6.com, Jakarta Bahaya mengonsumsi sayap dan kaki ayam yang bisa meningkatkan risiko kanker pada wanita memang perlu ditelusuri kebenarannya. Meski begitu, spesialis Radiologi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais dr. Fielda Djuita tidak menampik bahwa kebanyakan ayam negeri yang banyak dikonsumsi saat ini merupakan hasil suntik hormon agar ayam cepat besar.

"Belum ada penelitian lebih lanjut tapi sayap ayam bisa mengaktifkan jaringan sel kanker payudara pada wanita dengan imbalance hormonal (ketidakseimbangan hormon) dan yang memiliki gen kanker. Saya sendiri tidak menganjurkan konsumsi ayam bagi wanita dengan keluhan tersebut," katanya saat ditemui di RS Dharmais, ditulis Sabtu (10/5/2014).

Fielda melanjutkan, jika ingin sekali makan ayam, ia menyarankan untuk makan ayam kampung. "Ayam kampung boleh lah. Tapi kita harus pastikan ayamnya juga tidak disuntik."

Di sisi lain, Pakar Herbal dan Konsultan Herbal, Dr Abrijanto SB juga sempat membenarkan bahwa kebanyakan ayam yang dikonsumsi saat ini merupakan hasil suntik hormon.

"Saya nggak berani bilang bahayanya karena perlu penelitian tapi kalau Anda tahu, nanti semua orang jadi ngeri makan ayam," singkat Abrijanto. (Fit/Igw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.