Sukses

Semua Anak Indonesia Bisa Dapat Vaksin Pentavalen

Pentavalen sudah terbukti aman, dan suda melewati uji coba serta dalam pengawasan BPOM

Liputan6.com, Jakarta Setelah sukses dilaksanakan di empat provinsi pada 2013, rencananya Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan melaksanakan imunisasi gabungan 3 vaksin, Pentavalen di seluruh wilayah Indonesia. Demi lancarnya rencana ini, Kemenkes akan bekerjasama pemerintah daerah.

Kabar bahagia ini disampaikan Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc, PhD dalam rangka Pekan Imunisasi Dunia (PID) bertema `Imunisasi untuk Masa Depan yang Lebih Sehat` di Ruang Sujudi Gedung Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, Jumat (9/5/2014).

"Pentavalen sudah terbukti aman, dan sudah melewati uji coba serta dalam pengawasan BPOM," kata dia menjelaskan.

Lagi pula, vaksin keluaran perusahaan Biofarma ini telah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), untuk meningkatkan imun pada balita. Terkait keamanannya, BPOM sudah menjamin dan sudah mengeluarkan izinnya.

Vaksin ini, kata Wamenkes, justru meringakan para balita untuk tidak disuntik terlalu banyak, hanya tiga kali. Dalam satu suntikan, terdapat lima vaksin untuk difteri, pertusis, tetanus, hepatitis B, serta Hib (Haemophylus Influenza type B).

"Sebelum adanya vaksin ini, dulu para balita mendapatkan sembilan kali suntikan untuk vaksin DPT, HB, dan HiB. Tapi sekarang, hanya tiga saja," kata dia menerangkan. (Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini