Sukses

108 Anak di Jabar Jadi Korban Kekerasan Seksual

Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak Jawa Barat, mencatat ada sedikitnya 108 anak yang menjadi korban kekerasan seksual

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak Jawa Barat, mencatat ada sedikitnya 108 anak yang menjadi korban kekerasan seksual yang rata-rata usianya lima sampai 13 tahun.

"Dari rentan kasus kekerasan seksual terhadap anak yang kami tangani selama 2012 sudah ada 56 kasus dengan jumlah korban sebanyak 56 anak," ujar Ketua P2TP2A Jabar, Neti Heryawan seperti dikutip Antara, Senin (5/5/2014).

Selain itu juga ditambah dengan informasi dari pihak Polres Sukabumi Kota saat ini sudah ada 52 anak yang menjadi korban kekerasan seksual yang dilakukan oleh tersangka AS alias Emon, jika ditambahkan jumlah totalnya mencapai 108 anak.

Menurut Neti, anak yang menjadi korban kekerasan seksual tersebut biasanya dilakukan oleh orang dekat atau dikenalnya, bahkan dari 56 kasus yang ditanganinya mayoritas dilakukan oleh keluarganya seperti ayah tiri, ayah kandung, saudaranya dan lain-lain. Seperti pada kasus Emon, ternyata si korban dengan tersangka sudah ada yang mengenal, dengan cara diiming-imingi sesuatu oleh tersangka sehingga si korban terbujuk oleh rayuan Emon.

Lanjut dia, bahkan yang paling memprihatinkan saat ini di mana kasus perdagangan manusia jumlah kasusnya turun drastis tetapi, pada kasus kekerasan anak malah jumlahnya bertambah hingga 80 persen. Selain itu, tidak menutup kemungkinan pada kasus Emon ini jumlah anak yang menjadi korban pelecehan seksualnya akan bertambah.

"Maka dari itu, kami juga meminta kepada pihak kepolisian di Sukabumi agar membuat model penyelidikan dan pengungkapan kasus yang bisa dijadikan contoh oleh daerah lain dalam memberikan perlindungan kepada anak dan yang menjadi korban kekerasan seksual," tambahnya.

Di sisi lain, anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual oleh Emon pihaknya akan memberikan perlindungan dan membantu proses penyembuhan beban traumatik sampai sembuh total.

Dan kepada keluarga atau orang tua korban akan diberikan konseling agar dalam memberikan pendidikan yang dilakukan kepada anaknya yang menjadi korban Emon tidak menyalahi dan tidak menambah beban si anak.

Sampai saat ini, data dari Polres Sukabumi Kota, jumlah anak yang menjadi korban kekerasan seksual Emon menjadi 52 orang dan 39 anak sudah dilakukan visum serta tujuh anak lainnya mengalami kerusakan pada jaringan anusnya. Feru Lantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.