Sukses

Bahaya Varises, Bisa Menyerang Paru

pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap bahaya penyakit varises minim karena mayoritas pasien baru periksa setelah parah

Liputan6.com, Jakarta Pakar kesehatan dan dokter bedah vaskuler dari "Venosan Clinic Indonesia" Dr R Suhartono, Sp.B(K)V menyatakan pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap bahaya penyakit varises minim karena mayoritas pasien baru datang memeriksakan kondisinya setelah berstatus parah.

"Bahaya penyakit varises yang paling mengkhawatirkan adalah dapat menimbulkan komplikasi serius," kata Suhartono, dalam siaran pers tentang bahaya penyakit varises yang diterima di Surabaya, ditulis Rabu (30/4/2014).

Menurut dia, varises adalah pembesaran pembuluh darah vena yang disertai dengan kerusakan katup. Tugas pembuluh vena, mengembalikan darah dari seluruh tubuh ke jantung.

"Di dalam pembuluh vena terdapat katup satu arah yang mencegah darah mengalir ke arah sebaliknya 'reflux'," ujarnya.

Sampai sekarang, jelas dia, sejumlah pakar kesehatan menilai penyakit varises terjadi karena tidak berfungsi dengan baik katup vena di mana hal ini berkaitan dengan berbagai faktor.

"Kalau ada keluarga dekat yang menderita varises terutama orang tua, risiko terkena penyakit serupa semakin tinggi," katanya.

Sementara itu, tambah dia, kekhawatiran terhadap bahaya varises di antaranya penyumbatan pembuluh darah balik yang dapat menyebabkan emboli paru "Pulmonary Embolism/PE".

"Bahkan dapat berupa koreng, perubahan warna kulit pada kaki yang sulit disembuhkan jika sudah terjadi," katanya.

Di samping itu, sebut dia, walaupun penyakit varises mempunyai komplikasi lanjut yang berbahaya tapi pihaknya meyakini penyakit ini masih bisa disembuhkan.

"Pada masa kini risiko penyakit tersebut kian tinggi jika seseorang mempunyai rutinitas kurang sehat. Contoh, kurang olahraga, memiliki kebiasaan merokok, terlalu lama duduk ataupun berdiri, kolesterol tinggi, obesitas, dan sering memakai sepatu hak tinggi," katanya.

Apabila penyakit varises tersebut masih pada stadium awal, lanjut dia, pasien bisa menjalani pengobatan dengan menggunakan "medical stocking" khusus varises.

Tapi, jika penyakit varises tersebut sudah lama maka pasien harus melakukan tindakan operasi melalui metode 'Endovenous Laser

Treatment/EVLT' sebagai terapi pilihan. Apalagi, saat ini hasil metode itu bisa dikatakan terbaik dibandingkan lainnya," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini