Sukses

Makanan Wanita Sebelum Hamil Pengaruhi Kesehatan Bayi

Apa yang dimakan wanita sebelum hamil bisa memengaruhi kesehatan anaknya.

Liputan6.com, New York Kaum wanita perhatikan benar-benar apa yang Anda makan. Gizi wanita sebelum hamil merupakan hal yang super kritis. Apa yang dimakan wanita sebelum hamil bisa memengaruhi kesehatan anaknya.

Penelitian mengungkapkan diet perempuan sebelum hamil memengaruhi gen anak di masa depannya. Terlebih lagi, diet prakonsepsi bisa berdampak seumur hidup pada kesehatan bayi yang belum lahir.

"Ada banyak hal yang terjadi sebelum pembuahan," kata Peneliti Andrew Prentice , dari London School of Hygiene & Tropical Medicine, seperti dilansir MailOnline, Rabu (30/4/2014).

Dengan temuan ini, para perempuan yang ingin memulai sebuah keluarga disarankan minum vitamin dan suplemen lainnya menjelang kehamilan.

Pada penelitian ini, Profesor Prentice mempelajari perempuan di pedesaan Afrika Barat bekerja sama dengan unit Medical Research Council di Gambia. Ia mengukur konsentrasi nutrisi di dalam darah terhadap 170 wanita yang baru hamil.

Mereka juga meneliti DNA bayi setelah lahir dan menanyai para responden tentang diet yang dijalaninya. Hasilnya, ada hubungan yang jelas antara diet wanita dan gen anaknya.

Nutrisi yang dibutuhkan untuk membuat perubahan-perubahan termasuk vitamin B2, B6, dan B12, serta kolin dan metionin dan asam folat.

Profesor Prentice mengatakan, meskipun terlalu dini untuk memberikan nasihat, sumber yang baik dari senyawa yang dibutuhkan meliputi susu, sayuran berdaun hijau, dan protein.

Wanita sudah disarankan untuk mengonsumsi asam folat atau vitamin B9 sebelum kehamilan hingga kehamilan. "Penelitian sekarang menunjukkan kebutuhan nutrisi yang berasal dari makanan atau dari suplemen," katanya.





* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini