Sukses

Rupanya `Kang Emil` Dulu Pernah Jadi Bintang Iklan Rokok

Empat tahun lalu, Ridwan Kamil sempat menjadi bintang iklan produk rokok

Liputan6.com, Jakarta Wali Kota Bandung Ridwan Kamil atau yang sering disapa Kang Emil meminta pada Pemerintah Kota (Pemkot) untuk tegas dalam menertibkan serta membongkar segala bentuk iklan rokok yang masih menghiasi sepanjang jalan kota Bandung. Rencananya, langkah ini akan direalisasikan dalam waktu dekat.

Sudah tentu, kabar ini disambut gembira warga masyarakat. Karena, apa yang dilakukan Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) sudah sesuai dengan peraturan yang ada.

Namun, setelah ada pemberitaan itu, muncul sebuah kicauan yang mengatakan, kalau pria yang piawai dalam mendesain tata kota ini dulunya adalah seorang bintang iklan rokok.

"Ridwan Kamil dulu bintang iklan rokok sekarang nglarang iklan rokok. Jadi inget mbak Inneke Koesherawati dulu main film panas sekarang berhijab," tulis akun @sheque pada Rabu (23/4/2014).

Kicauan itu membuat sebagian besar pengguna Twitter bertanya tentang kebenaran kabar tersebut. "Bintang iklan rokok? Kapan uy baru tau," tulis @ajiwar menjawab kicauan @sheque.

Mengetahui kabar yang beredar di linimasa, membuat tim Health Liputan6.com mencari tahu iklan yang dimaksud. Setelah mengetik kata kunci berupa `Iklan Rokok, Ridwan Kamil` di situs Youtube, muncullah beberapa video yang diunggah oleh beberapa pengguna. Salah satunya, Antoniusismael.

Video berdurasi selama 30 detik ini, ditayangkan oleh si pemilik akun pada 23 Desember 2010. Itu berarti, iklan ini sudah beredar di masyarakat sekitar empat tahun lalu.

Dalam video itu, Ridwan Kamil disebut sebagai Award Winning Architect (Pemenang Penghargaan Dalam Bidang Arsitektur). Dikatakan juga bahwa karya yang dibuat oleh Emil, memberi inspirasi pada ruang, lahir dari semangat yang tak lekas puas, keras perjuangannya atas idealisme, demi keselarasan kota dan manusia.

Lalu, disebut juga, Emil menciptakan sesuatu fungsi yang saling mengisi. Bagi Emil, tanpa banyak kata menginspirasi melalui imajinasi adalah Talk Less Do More.

Beragam komentar di Twitter bermunculan setelah melihat iklan itu.

`RT @widighita: salah satu kesalahan masalalu, kan :)  "@sheque: Ridwan Kamil dulu bintang iklan rokok skrg nglarang iklan rokok. Jadi inget mbak Inneke`

Sampai saat ini, belum dapat keterangan resmi dari Emil. Karena saat dihubungi sang ajudan yang bernama Alfa mengatakan, pria berkacamata itu tengah melakukan syuting salah satu acara yang dibawakan oleh Najwa Shihab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini