Sukses

Ciri Suami yang Bikin Panjang Usia Perkawinan

Liputan6.com, London Setiap pasangan suami istri tentu ingin keluarganya hidup bahagia. Dan ternyata kebahagiaan pada pasangan lebih tua bergantung pada kesehatan dan temperamennya.

Sebuah penelitian di University of Chicago menemukan, suami dengan kepribadian yang menyenangkan dan kesehatan yang baik sangat penting untuk mencegah konflik pada pasangan yang lebih tua yang telah lama bersama.

"Istri melaporkan lebih banyak konflik jika kesehatan suaminya buruk," kata James Iveniuk dari Department of Sociology yang juga penulis penelitian di Jurnal Marriage and Family seperti dilansir RedOrbit, Jumat (25/4/2014).

Iveniuk menjelaskan, hal ini tak terjadi apabila kesehatan istri yang buruk karena tak akan menunjukkan perbedaan dalam kualitas pernikahan.

Tak hanya kesehatan, karakter suami juga memengaruhi usia pernikahan. Apabila suami memiliki karakter neurotik yang emosinya tak stabil maka istri menjadi kurang bahagia dan puas dengan pernikahannya.

"Istri yang suaminya menunjukkan tingkat positif dilaporkan kurang berkonflik. Namun, istri yang positif tidak berhubungan dengan laporan konflik dari suaminya," kata Iveniuk.

Iveniuk mengatakan, para istri dari pria yang neurotik sering melaporkan terjadi skandal dan konflik dengan suaminya. 

Tim menganalisa data dari survei nasional yang mencakup 953 pasangan heteroseksual yang menikah atau hidup bersama. Peserta penelitian yang berusia 68 sampai 90 tahun dengan rata-rata menjalin hubungan 39 tahun.

Para peneliti membandingkan karakteristik suami dengan karakteristik istri serta sebaliknya berdasarkan wawancara dengan setiap orang yang menggambarkan dirinya.

Linda J. Waite, dari Center on Aging di NORC dan penulis penelitian mengatakan konflik tak selalu bertengkar atau melakukan kekerasan. Konflik pada pasangan seputar mengkritik, membuat banyak tuntutan, atau membuat jengkel orang lain.

Suami yang bisa membantu memperpanjang usia pernikahan memiliki ciri-ciri jujur, terbuka, mampu mengatakan ya, kecemasan yang tinggi, dan keinginan mendapatkan apresiasi dari orang lain.



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini