Sukses

5 Makanan Bervitamin D Tinggi

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan dari penyakit tulang sampai kelemahan pada otot.

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan sejumlah risiko kesehatan dari penyakit tulang sampai kelemahan pada otot. Selama ini, matahari dianggap sebagai sumber terbaik vitamin D. Namun, paparan sinar matahari berkepanjangan ini tidak dianjurkan.

"Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari matahari, berjemurlah selama 20 sampai 25 menit. Karena itu sangat membantu," kata Stephen Honig, MD dari Pusat Osteoporosi di Hospital for Joint Diseases, New York, Amerika Serikat.

Maka itu, tiap orang dianjurkan untuk menambah beberapa jenis makanan agar mendapat tambahan vitamin D yang masuk ke dalam tubuh.

Berikut beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin D, yang baik untuk kesehatan Anda, seperti dikutip Health Me Up, Rabu (23/4/2014)

1. Jamur

Jamur adalah salah satu jenis makanan yang kaya vitamin D dan pilihan terbaik bagi Anda yang vegetarian. Selain itu, jamur juga menyimpan vitamin B5 dan tembaga.

2. Ikan berlemak

Ikan seperti salmon, tuna, makarel, tinggi vitamin D. Ikan yang disajikan mentah atau sushi, memiliki kandungan vitamin D yang lebih tinggi. Ikan jenis ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan jantung.

3. Minyak ikan cod

Minyak ikan cod mengandung vitamin D dan A yang baik untuk tubuh dan kecukupan asupan vitamin D

4. Kuning telur

Dianggap memiliki kandungan lemak tinggi, orang yang tengah berdiet biasanya enggan mengonsumsi kuning telur. Padahal, kuning telur mengandung vitamin D yang dinilai baik. Kuning telur pun menyimpan protein dan vitamin B12

5. Susu sapi

Susu sapi, susu kedelai, jus jerul, serelah dapat diperkaya dengan vitamin D. Cobalah untuk mengecek label tiap kali membeli makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.