Sukses

Balita Berpenyakit Jantung Bawaan akan Dioperasi di Korsel

Balita di Banten yang mengalami penyakit jantung bawaan akan menjalani operasi gratis berkat bantuan organisasi dari Korea Selatan.

Liputan6.com, Serang Balita Indonesia yang memiliki penyakit jantung bawaan tak sedikit jumlahnya. Kondisi tersebut tentu membuat balita tersebut harus menjalani operasi. Salah satu organisasi Incheon Metropolitan City Advisor for International Affairs Korea Selatan tergerak hatinya untuk membantu anak-anak Indonesia untuk menjalani operasi gratis di rumah sakit rujukan Banten.

Tahun ini Incheon Metropolitan City Advisor for International Affairs Korea Selatan membantu 18 negara. Seperti Fillipina, Thailand, Kamboja, Mongolia, dan Indonesia. Khusus Indonesia, mereka memilih Banten.
 
"Dari 2009 kami sudah kerjasama untuk balita penyandang penyakit jantung bawaan", kata Kim Dong Kee ketua tim Incheon Metropolitan City Advisor for Internattional Affairs Korea Selatan dalam Bahasa Indonesia yang terbata-bata, Rabu (23/4/2014)

Sebanyak 40 balita penderita penyakit jantung bawaan yang berasal dari lima Kabupaten dan Kota di Banten selain Tangerang yang telah terdaftar di masing-masing Dinas Kesahatan (Dinkes) akan mendapatkan perawatan dan pemeriksaan di Incheon Metropolitan City Advisor for International Affairs Korea Selatan dengan didampingi dokter jantung RSUD Banten.

"Ke depan, Dinas Kesehatan Provinsi Banten akan bentuk tim ke daerah-daerah untuk mendata balita yang memiliki penyakit jantung bawaan," kata Dokter Drajat yang juga Bertugas di Dinas Kesehatan Banten tersebut.

Dokter Drajat menambahkan, setiap tahunnya Incheon Metropolitan City Advisor for International Affairs Korea Selatan hanya sanggup melakukan Operasi kepada enam balita dengan penyakit jantung bawaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyakit jantung bawaan adalah kondisi gangguan jantung pada anak-anak yang sejak lahir memiliki kelainan atau masalah pada struktur jantung

    Penyakit Jantung Bawaan

  • Penyakit jantung merupakan istilah umum dari semua penyakit yang menyerang jantung. Jantung koroner, bawaan, aritmia, gagal, infeksi jantung

    Penyakit Jantung

Video Terkini