Sukses

Sepekan Imunisasi untuk Masa Depan yang Sehat

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya di minggu terakhir bulan April diadakan Pekan Imunisasi Dunia (PID). Pada tahun ini, PID dilaksanakan sejak 23-30 April 2014 sehingga bayi dan balita yang belum lengkap imunisasi dasarnya bisa datang ke puskesmas atau rumah sakit.

Pada PID 2014 ini mengusung tema global Are You Update?, sementara di Indonesia menyusung tema `Imunisasi Untuk Masa Depan Yang Sehat`.

"Selain itu, juga dilakukan Drop Out Follow Up untuk melengkapi imunisasi anak yang terlewat, Sementara itu, puncak peringatan PID 2014 baru akan dilaksanakan pada awal Mei mendatang," kata Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (PP dan PL) Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama, Sp.P(K), MARS, DTM&H, DTCE, dalam rilis Kementerian Kesehatan yang diterima Liputan6.com, Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Imunisasi mencegah 2-3 juta kematian anak di dunia setiap tahunnya. Namun, sekitar 22,6 juta anak di dunia tidak terjangkau imunisasi rutin. Lebih dari 13 persen anak Indonesia belum mendapatkan imunisasi secara lengkap karena berbagai sebab, padahal imunisasi lengkap dapat melindungi anak dari wabah, kecacatan, dan kematian.

Imunisasi dianggap sebagai upaya kesehatan yang paling efektif. Orangtua diharapkan melengkapi imunisasi anak mereka agar seluruh anak Indonesia terbebas dari penyakit yang sebenarnya dapat dicegah lewat imunisasi. Jadi, imunisasi adalah salah satu langkah tepat orangtua untuk menjamin kesehatan anaknya.

Untuk imunisasi tidak membutuhkan biaya besar, bahkan di Posyandu anak-anak bisa mendapatkan imunisasi secara gratis.

Ada lima jenis imunisasi yang diberikan secara gratis di Posyandu, yang terdiri dari imunisasi Hepatitis B, BCG, Polio, DPT-HB, serta campak. Semua jenis vaksin ini harus diberikan secara lengkap sebelum anak berusia 1 tahun diikuti dengan imunisasi lanjutan pada Batita.

Tahun 2013 pemerintah telah menambahkan vaksin Hib (Haemophilus influenza tipe b), yang digabungkan dengan vaksin DPT-HB menjadi DPT-HB-Hib. Imunisasi DPT-HB-Hib dan imunisasi lanjutan pada Batita mulai dilaksanakan pada tahun 2013 di 4 provinsi yaitu: Jawa Barat, Yogyakarta, Bali dan NTB. Selanjutnya, akan dilaksanakan di semua provinsi mulai bulan April tahun 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini