Sukses

Celoteh Anak-anak SD tentang Kartini

Acara yang diperingati setiap tahunnya mengajak para murid SD mengikuti jejak Kartini yang giat mencari pendidikan.

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April disambut meriah oleh para siswa sekolah dasar di nyaris seluruh wilayah Indonesia. Antusiasme yang tinggi ini ditunjukan dengan gairah dan semangat dari anak-anak yang dengan ceria mengenakan pakaian ala kartini dan baju daerah pada hari ini.

"Setiap tahun selalu ada acara seperti ini. Selain pawai mengenakan pakaian ala Kartini dan baju daerah, kami juga mengenalkan pahlawan-pahlawan Indonesia salah satunya Kartini," kata Kepala Sekolah Dasar Negeri Mekarjaya 1, Hj. Eti Suheryati S.Pd, Senin (21/4/2014).

Acara yang diselenggarakan setiap tahunnya ini menurut Eti bertujuan untuk mengajak para siswa agar mengikuti jejak Raden Ajeng Kartini yang selalu giat menimba ilmu dan meningkatkan pendidikan. "Kami menceritakan perjuangan Kartini dalam hal pendidikan dan emansipasi wanita. Anak-anak kami ajarkan untuk terus bersemangat memacu prestasi dan bakat yang dimiliki agar masa depannya cemerlang," kata Eti.

Tidak hanya Eti, Komalasari sebagai guru pun berharap dengan adanya kegiatan ini semua anak dapat mengenal dan mencintai bangsa. "Kami mengenalkan sejarah ke mereka agar semakin mencintai bangsa dan negara. Serta mengikuti jejak perjuangan, anak-anak harus lebih bersemangat menggapai cita-cita mereka," kata Komalasari.

Menurut pemerhati anak, Seto Mulyadi perayaan Hari Kartini harus lebih ditekankan pada penanaman menghayati perjuangan dan semangat sangat tokoh. "Jangan hanya ditekankan pada baju yang dipakai pahlawan Kartini saja. Tetapi yang paling ditekankan itu harus sejarahnya. Para guru harus mengenalkan bagaimana Kartini itu memiliki sifat tolong-menolong, semangat serta tidak mudah putus asa," kata pria yang akrab disapa Kak Seto.

Kak Seto mengatakan, ketika anak-anak dikenalkan dengan sifat positif para pahlawan ini, maka mereka mendapatkan semangat baru dalam meraih cita-citanya. "Kalau para guru terus mengajarkan sifat positif yang dimiliki para pahlawan kita, maka anak-anak akan termotivasi lagi untuk meraih prestasi untuk masa depan mereka," kata Kak Seto.

Begini Pandangan Anak SD terhadap RA Kartini

Celoteh anak-anak memang terkadang menggemaskan. Di Hari Kartini ini Tim Health Liputan6.com memiliki kesempatan bertemu mereka. Berikut beberapa pandangan siswa SD terhadap Pahlawan Wanita yang lahir di Jepara, Jawa Tengah ini.

"Kartini itu pahlawan wanita Indonesia, dia hebat," kata Dwi, murid kelas 3 SD.

"Setelah dengar dari guru, saya jadi ingin seperti RA Kartini. Hebat dan rajin sekolah," kata Tiara, murid kelas 3 SD

"Pahlawan wanita yang besar cita-citanya," ujar Melinda, murid kelas 5 SD.

"Kartini itu pendekar yang harum namanya," kata Egi, murid kelas 2 SD

"Kartini yang membuat wanita sekarang sejajar dengan pria. Dia yang memperjuangkan emansipasi wanita untuk sekolah dan mengejar cita-citanya," kata Khalil, Murid kelas 6 SD

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.