Sukses

Amankah Ibu Hamil Makan Cokelat?

Liputan6.com, Jakarta Cokelat mengandung kafein meski dalam jumlah yang lebih sedikit. Apabila Anda sedang hamil, tak perlu takut makan cokelat karena di dalamnya terdapat pendorong mood.

Menurut penelitian terbaru, cokelat membantu menurunkan tingkat stres pada wanita hamil dan juga membantu melahirkan bayi yang lebih bahagia dan kurang rewel. Ini ditemukan peneliti dari University of Helsinki , Finlandia.

Bayi yang lahir dari ibu yang makan cokelat setiap hari selama kehamilan lebih banyak tersenyum dan tertawa, serta lebih aktif. Bahkan bayi dari wanita hamil yang stres tapi rutin makan cokelat menunjukkan kurang takut dengan situasi baru dibandingkan ibu yang tak makan cokelat.

Namun, yang perlu diingat adalah mengonsumsi cokelat dalam jumlah banyak bisa menambah jumlah kalori Anda. Karena itu, sebaiknya Anda makan cokelat dalam jumlah terbatas.

Dr Daniele Piomelli , seorang neuroscientist dan profesor farmakologi di University of California , Irvine, menunjukkan bahwa cokelat mempengaruhi anandamide, zat kimia yang menargetkan otak kita seperti cara THC, bahan aktif dalam ganja.

Berikut sejumlah keuntungan makan cokelat saat hamil seperti dilansir Boldsky, Kamis (17/4/2014):

1. Cokelat membuat bayi bahagia

Menurut penelitian, perempuan hamil yang makan cokelat bisa mengatasi stres melahirkan bayi menjadi lebih baik dan bayi lebih senang. Sebuah kimia tertentu yakni phenylethylamine ditemukan menjadi penyebab yang diturunkan ibu ke bayinya.

2. Cokelat untuk kekurangan zat besi

Makan 30 gram cokelat hitam yang kaya zat besi setiap harinya bisa membantu mengurangi risiko kekurangan zat besi pada ibu hamil.

3. Pilih cokelat yang benar

Tak semua cokelat bagus buat ibu hamil. Cokelat hitam memiliki sedikit kalori dan ditemukan manfaatnya dalam banyak cara. Tapi, banyak wanita hamil tak menyukai rasanya. Jadi, makan cokelat hanya jika Anda ingin memanjakan diri.

4.Tak untuk semua wanita hamil

Apabila Anda sedang hamil dan mengalami diabetes gestasional  atau memiliki riwayat diabetes lebih baik menghindari makan cokelat.

Karena itu, kita tak bsia menyimpulkan makan cokelat benar-benar aman untuk ibu hamil. Tapi, makan cokelat dalam jumlah sedikit tentu tak berbahaya.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini