Sukses

Cara Tepat Atasi Sariawan pada Anak

Dokter tidak menganjurkan anak untuk menggunakan obat-obatan kimia baik yang kumur atau oles. Tapi Anda bisa menggantinya dengan air garam.

Liputan6.com, Jakarta Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sariawan, tak terkecuali anak-anak. Sayang tak semua obat bisa digunakan anak untuk mengobati atau mengurangi rasa perih sariawan. 

Seperti disampaikan ahli penyakit mulut dari Departemen Gigi dan Mulut FKGUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, DR. drg. Harum Sasanti Yudoyono, Sp.PM bahwa sistem kekebalan tubuh anak-anak yang mengalami sariawan biasanya bakal menurun.

"Coba cek kembali apakah anak sedang stres menghadapi ujian atau bila terjadi pada remaja wanita perhatikan siklus menstruasinya. Karena selain keturunan, sariawan juga dipengaruhi oleh stres dan kekebalan tubuhnya menurun," jelas Harum saat ditemui di Fx, Jakarta, ditulis Kamis (17/4/2014).

Bila sariawan, Harum sendiri tidak menganjurkan anak untuk menggunakan obat-obatan kimia baik yang kumur atau oles. Tapi Anda bisa menggantinya dengan air garam.

"Kumur saja dengan air hangat yang diberi garam secukupnya. Tapi jangan kumur cepat-cepat. Ini yang salah. Pakai obat apapun, bila menggunakan obat kumur agar berkhasiat itu minimal 30 detik-60 detik. Tapi lebih baik kumur air garam itu 2-3 menit," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini