Sukses

Mau Hidup Lebih Bahagia? Ini Kuncinya

Cara efektif untuk bahagia menurut peneliti kuncinya cukup dengan berbuat kebaikan dengan memiliki tujuan yang jelas.

Liputan6.com, Jakarta Ada cara sederhana membuat orang bahagia. Anda tak perlu mengejar-ngejar kebahagiaan untuk tujuan yang tak jelas karena itulah yang membuat orang tak bahagia. Cara efektif untuk bahagia menurut peneliti kuncinya cukup dengan berbuat kebaikan dengan memiliki tujuan yang jelas.

Pemberi cenderung merasakan kebahagiaan yang lebih besar apabila mereka melakukan tindakan tersebut untuk kebajikan dibanding tanpa alasan yang tak jelas.

Menurut Pemimpin penelitian, Jennifer Aaker di Stanford University, meski seseorang menginginkan kebahagiaan seringkali terbatas jalan untuk mencapainya. "Salah satu alasan kaburnya rute menuju kebahagiaan adalah meskipun orang sering berpikir mereka tahu apa yang bisa menyebabkan kebahagiaan, prediksi mereka tentang apa yang membuat bahagia seringkali tidak akurat," kata Aaker seperti dilansir Stanford.edu, Kamis (17/4/2014).

Tim penelitian mengatakan, satu-satunya jalan menuju kebahagiaan adalah melalui perbuatan baik, yang tujuannya spesifik seperti membuat orang tersenyum, bukannya dengan tujuan yang lebih abstrak seperti membuat orang lain bahagia atau menyelamatkan lingkungan. Alasannya, ketika Anda mencapai tujuan konkret, harapan Anda untuk sukses lebih mungkin terpenuhi. Di sisi lain, tujuan yang tak jelas hanya membuat kebahagiaan dengan sisi gelap yakni harapan yang tidak realistis.

"Perbedaan antara aspirasi dan realita bisa menjadi faktor penting, yang dalam kasus ekstrem bisa menyebabkan ketidakbahagiaan," kata Melanie Rudd, dari University of Houston.

Misalnya, ketika orang mengejar tujuan yang abstrak dan mengharapkan perubahan tapi gagal terwujud, mereka bisa mengalami kelelahan dan ini bisa berdampak negatif terhadap kebahagiaan.

Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Journal of Experimental Social Psychology. Peneliti mengatakan, mengejar kebahagiaan merupakan salah satu pencarian yang paling penting di dalam hidup ini. Dan kebahagiaan seringkali dianggap sebagai ciri dari kesehatan psikologis. Tapi, mencapai kebahagiaan ini lebih misterius dan kompleks dibandingkan yang dibayangkan dan tak selalu mudah dicapai.

Pada akhirnya, orang-orang yang berusaha bahagia untuk mencapainya melakukan kegiatan sosial. Tindakan ini tak hanya meningkatkan kebahagiaan penerima, tapi juga buat pemberinya.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini