Sukses

BAB Bayi Keluar Darah, Waspada Alergi Susu Sapi!

Liputan6.com, Jakarta Alergi tak hanya bisa dilihat secara fisik pada bayi. Karena pada kondisi tertentu, kotoran bayi yang ada darahnya bisa jadi tanda alergi susu sapi.

Seperti disampaikan Ketua Divisi Alergi-Imunologi Departemen Ilmu Kesehatan Anak, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr Zakiudin Munasir, SpA (K) bahwa darah pada kotoran bayi jangan diremehkan karena kemungkinan si kecil memiliki alergi susu sapi.

"Selain kulit kemerahan, bayi diare dan ada darah kemungkinan alergi susu sapi," kata Zakiudin pada wartawan saat temu media di FKUI-RSCM.

Zakiudin menerangkan, selain keturunan, alergi susu sapi pada bayi biasanya disebabkan oleh saluran pencernaan dan enzim yang belum sempurna. Hal ini membuat susu yang mengandung protein diserap utuh oleh bayi.

"Bayi memiliki saluran pencernaan dan sistem imum yang belum sempurna. Sehingga bayi yang diberikan susu sapi akan menyerap protein utuh pada susu sapi. Maka itu, menyusui adalah pilihan terbaik," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.