Sukses

Seberapa Cepat Perempuan Hamil Lagi Usai Melahirkan?

Apabila perempuan tak tahu seberapa cepat dirinya bisa hamil lagi usai melahirkan maka perempuan tersebut bisa hamil yang tak direncanakan.

Liputan6.com, New Delhi Wanita yang baru melahirkan langsung hamil lagi menjadi hal yang `menakutkan`. Melahirkan menjadi suatu usaha yang berat dan ketika itu sudah terjadi, kaum perempuan ingin bersantai untuk beberapa waktu.

Tapi, apabila perempuan tak tahu seberapa cepat dirinya bisa hamil lagi usai melahirkan maka perempuan tersebut bisa hamil seperti yang tak direncanakan.

Apabila kehamilan kedua datangnya terlalu cepat, kesehatan ibu dan bayi pertamanya bisa menderita. Itulah sebabnya, segera hamil setelah melahirkan tampaknya bukan ide yang bagus seperti dilansir Boldsky, Senin (14/4/2014).

Tahukah Anda seberapa cepat Anda bisa hamil lagi setelah melahirkan? Berikut jawabannya:

1. Lima minggu

Beberapa perempuan mengatakan, Anda sangat subur setelah melahirkan dan banyak perempuan hamil lagi hanya 5 minggu setelah melahirkan. Ini berarti ada jeda 11 bulan antara anak kedua.

2. Setelah berhenti pendarahan

Beberapa perempuan bisa mengalami pendarahan (nifas) selama enam sampai delapan minggu setelah melahirkan. Namun, apabila Anda sedang tidak haid, Anda harus menyadari bahwa itu adalah sisa nifas dan tak ada hubungannya dengan menstruasi. Anda bisa hamil bahkan ketika melakukan hubungan intim tanpa kondom.

3. Setelah menstruasi pertama

Dalam banyak kasus, siklus menstruasi wanita melahirkan tak normal setidaknya senam bulan setelah melahirkan. Sekarang, Anda mungkin berpikir Anda tak hamil karena tak menstruasi. Ini sebuah mitos yang berbahaya.

Anda bisa hamil bahkan jika Anda tak menstruasi karena Anda mungkin akan berovulasi. Bahkan, tak menstruasi mungkin menjadi pertanda Anda sedang hamil.

4. Hamil saat menyusui

Wanita percaya menyusui sebagai bentuk kontrasepsi alami. Namun, ini belum cukup buktinya. Menyusui bisa mencegah kehamulan tapi tak bisa mencegah sepenuhnya. Jadi, Anda perlu menggunakan perlindungan bahkan ketika sedang menyusui dan berhati-hatilah apabila Anda tak lagi menstruasi.

Lakukan tes kehamilan setiap empat minggu untuk memastikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini