Sukses

Kenangan Indah Masa Lalu Bikin Kita Makin Sehat

Apa yang Anda ingat dari masa lalu? Umumnya, seseorang akan mengingat hal-hal yang indah di masa lalu dibanding hal yang negatif.

Liputan6.com, New York Apa yang Anda ingat dari masa lalu? Tentu saja hal-hal yang indah, bukan? Umumnya, seseorang akan mengingat hal-hal yang indah di masa lalu dibanding yang negatif. Bahkan, jika memiliki memori buruk, Anda akan berusaha menjadikannya positif.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Memory oleh Psikolog Timothy Ritchie dan rekan-rekannya, para ilmuwan ini meneliti 562 peserta dan 10 budaya di seluruh dunia. Mereka kemudian diminta mengingat peristiwa di dalam hidupnya. Kemudian responden menilai emosi yang dirasakan pada saat itu, dan masa sekarang.

Para peneliti menemukan, kenangan positif lebih mudah teringat jelas dibanding yang negatif. Bahkan, peristiwa yang tidak menyenangkan bisa menjadi positif. Ini menunjukkan, manusia cenderung melihat masa lalu dengan kacamata serba indah dan menyenangkan. Tentu saja, ini juga bagus untuk kesehatan.

Hasil penelitian ini dikenal dengan Fading Affect Bias (FAB). Ini merupakan fenomena psikologis di mana emosi negatif cenderung dilupakan lebih cepat dibanding emosi yang menyenangkan seperti dilansir Mailonline, Kamis (10/4/2014).

Penelitian menunjukkan, FAB mungkin mendorong pemulihan dari peristiwa negatif dan mempromosikan emosi positif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini