Sukses

Cegah Benjolan Payudara, Begini Caranya!

Gadis zaman sekarang sering menemukan ada benjolan di payudaranya. Sebenarnya, ada cara untuk menghindarinya dengan makan buah berwarna.

Liputan6.com, New York Kanker payudara yang biasanya ditandai dengan gejala awal adanya benjolan di dada perempuan ini seolah-olah menjadi hal biasa. Sebenarnya, ada cara menghindarinya yakni dengan makan buah dan sayuran yang lebih berwarna sejak remaja.

Kondisi yang dikenal dengan benign breast (penyakit jinak payudara) biasanya berkembang selama masa remaja atau dewasa muda, tapi belum tentu berbahaya.  Penyakit jinak payudara tak meningkatkan risiko kanker payudara di kemudian hari.

"Konsumsi sayuran ini mungkin menjadi cara untuk mencegah penyakit payudara jinak," kata Caroline E. Boeke dari Brigham and Women's Hospital di Boston seperti dilansir ReutersHealth, Rabu (9/4/2014).

Boeke menekankan, penelitian yang dilakukannya observasional dan tak bisa membuktikan bahwa sayuran menangkal penyakit.

Menurutnya, buah-buahan dan sayuran berwarna merah, kuning dan oranye mengandung karotenoid yang bagus buat kesehatan payudara. Penelitian sebelumnya menemukan, wanita yang lebih banyak makan sayuran dan buah-buahan tersebut berisiko rendah terkena kanker payudara.

"Penelitian ini berusaha menghubungkan antara makan sayuran berwarna-warni saat remaja, ketika jaringan payudara masih berkembang, serta kemungkinan memiliki penyakit jinak payudara 10 tahun kemudian, yang dengan sendirinya meningkatkan risiko kanker payudara di usia pertengahan," kata Boeke.

Pada penelitian tersebut, sebanyak 6.500 perempuan mengisi kuesioner diet sekali setahun selama tiga tahun. Penelitian dimulai ketika anak-anak berusia 12 tahun. Pada 9 sampai 14 tahun kemudian, wanita ini kembali mengisi kuesioner tentang apakah mereka didiagnosa penyakit jinak payudara.

Anak-anak kemudian dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan berapa banyak makanan dengan karotenoid dikonsumsi di saat remaja. Peneliti menemukan, kelompok yang makan sedikit sayur dan buah dengan karotenoid hampir dua kali lebih mungkin didiagnosa dengan penyakit jinak payudar dibandingkan anak perempuan yang paling banyak makannya.

"Makan buah-buahan yang kaya karotenoid dan sayuran seperti wortel dan ubi jalar, labu, kale dan bayam dapat melindungi dari penyakit payudara dan tentu saja memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, " kata Boeke.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di Jurnal Pediatrics. Secara keseluruhan, hanya 122 perempuan dalam studi ini menderita penyakit jinak payudara.

Dagfinn Aune, yang meneliti kanker dan gizi di Imperial College London, yang tak terlibat dalam penelitian ini menjelaskan, karotenoid menyerap radikal bebas dan melindungi sel daari kerusakan oksidatif.

"Mereka juga menghambat pertumbuhan sel dan kemampuan tumor kanker membentuk pembuluh darah yang bisa memberi makan tumor," ujarnya.

Sementara Thomson, dari University of Arizona Cancer Center di Tucson, mengatakan, dirinya tak hanya merekomendasikan remaja mulai makan buah dan sayuran berwarna berdasarkan penelitian ini saja. Menurutnya, semua orang perlu lebih banyak makan sayur dan buah-buahan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.