Sukses

Cara Cakra Khan Jaga Kualitas Suara

Bagi penyanyi Cakra Khan (22), menjaga pita suara agar tetap sehat tidak perlu melakukan banyak pantangan.

Liputan6.com, Jakarta Wajib hukumnya bagi penyanyi profesional untuk menjaga kualitas pita suara. Namun bagi penyanyi Cakra Khan (22), agar pita suara tetap terjaga baik, tidak perlu banyak pantangan.

Makanan gorengan, es, dan minuman adalah musuh bagi kebanyakan penyanyi. Karena, jenis makanan dan minuman itu bisa memperburuk kualitas pita suara, yang membuat suara menjadi tidak enak untuk didengar.

"Saya tidak pernah ribet dengan makanan dan minuman. Gorengan, hajar. Pun dengan es, saya hajar juga," kata Cakra kepada Health Liputan6.com di Panasonic Gobel Awards 2014, ditulis Senin (7/4/2014).

Bagi pemilik tembang `Harus Terpisah`, pantangan justru membuat dia tersiksa. Menurut Cakra, dirinya bukanlah tipikal orang yang dapat menahan godaan makanan, terlebih bila rasa lapar menyerang. "Kalau lapar, saya makan. Tidak pernah ditahan-tahan. Maka itu, saya tidak ada pantangan," kata Cakra menambahkan.

Pria kelahiran 27 Februari 1992 menjelaskan, selagi semua makanan itu dikonsumsi dengan batasan yang wajar, penyakit yang ditakuti tidak akan pernah dialaminya. Kecuali, bila semua itu dikonsumsi dalam porsi yang tidak wajar.

"Toh, kalau makanan itu sedikit tidak akan menjadi masalah. Yang menjadi masalah, bila kebanyakan atau berlebihan," kata Cakra menekankan.

Di tengah kesibukannya, Cakra Khan juga berusaha mengatur pola isitirahat dan makannya. Semua dilakukan, agar terhindar dari penyakit yang membuatnya sulit untuk beraktivitas.

"Kalau saya yang pasti istirahat yang cukup, suplemen jalan terus, dan pastinya minum air putih," kata Cakra Khan.

Tak hanya itu, penyanyi yang berhasil menyabet tiga piala dalam ajang Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2013, juga tidak lupa untuk melakukan aktivitas fisik. Bulu tangkis dan jogging, menjadi pilihannya.

"Olahraga penting, saya sendiri terkadang bulutangkis dan joging pasti tiap pagi. Dan tidak ada diet-dietan," kata dia menerangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.