Sukses

Cara Agar Saluran Cerna si Kecil Sehat

Demi sehatnya saluran cerna si kecil, pilihan makanan sehat dianggap belum cukup bila alat cerna tidak sehat

Liputan6.com, Jakarta Demi sehatnya saluran cerna si kecil, pilihan makanan sehat dianggap belum cukup bila alat cerna atau saluran pencernaan yang memproses sari makanan tidak sehat.

Menurut Pakar Gizi Medik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Saptawati Bardosono M.Sc, makanan prebiotik dapat diberikan pada calon anak agar saluran cernanya sehat saat lahir.  

"Saluran cerna pada anak harus selalu dalam keadaan sehat. Tepenting, jaga status gizinya dengan mengonsumsi makanan dengan gizi lengkap. Jangan sampai berat badan berlebihan, jangan pula kurang," kata Saptawati dalam acara 'Happy Tummy Council Gut-Brain Axis: Pencernaan Sehat Awal si Kecil Cerdas' di Gran Melia Hotel, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Makanan dengan gizi lengkap menurut Saptawati itu antara lain karbohidrat untuk energi, protein untuk perbaikan jaringan tubuh, lemak untuk mengangkat vitamin yang larut di lemak, vitamin dan mineral untuk menghasilkan energi, serat pangan untuk melancarkan makanan yang ada di tubuhnya. Yang penting  juga tercukupinya cairan untuk melarutkan semua makanan dalam tubuh.

Sumber alami prebiotik berasal dari produk susu yang mengandung FOS (Frukto Oligosakarida) dan GOS (Galakto Oligosakarida). Selain itu prebiotik jenis Inulin (serat karbohidrat oligosakarida), juga terdapat dalam buah-buahan, kacang polong-polongan, biji utuh sereal misalnya gandum, sayur-sayuran misalnya asparagus, brokoli, dan bumbu-bumbu masak misalnya bawang putih, bawang merah, dan bawang prei.

Seiring dengan meningkatnya teknologi industri pangan, Prebiotik murni telah ditambahkan pada makanan dan minuman komersil seperti roti, biskuit, yoghurt, dan minuman ringan tertentu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini