Sukses

Pria yang Sudah Merokok Saat Anak-anak, Bakal Punya Anak Gemuk

Lelaki yang memulai rokok sebelum usia remaja siap-siap nantinya akan memiliki anak yang gemuk.

Liputan6.com, London Rokok kini tak hanya dikonsumsi pria dewasa, banyak anak juga sudah mencobanya. Padahal sebuah penelitian menyebutkan para pria yang sudah sejak belia sudah mengisap rokok, bakal punya anak gemuk di masa mendatang.

Para ilmuwan menemukan, pria yang merokok secara teratur sebelum usia 11 tahun bakal punya anak dengan bobot badan antara 5-10 kilogram lebih berat dibanding berat rata-rata anak-anak. Efek ini tak terlihat pada anak laki-laki yang mulai rokok ketika usia sudah beranjak dewasa.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari University of Bristol ini membuktikan bahwa paparan asap tembakau di usia kanak-kanak menyebabkan perubahan metabolik pada generasi berikutnya.

"Temuan efek transgenerasi memiliki implikasi besar dalam penelitian mengenai obesitas dan evaluasi langkah-langkah pencegahan," kata penulis penelitian, Profesor Marcus Pembrey, seperti dilansir MailOnline, Kamis (3/4/2014).

Para peneliti menanyakan 9.886 ayah dan 54 persen di antaranya merupakan perokok. Sebanyak 3 persen mengaku merokok sebelum usia 11 tahun.

Anak laki-laki kemudian ditimbang saat usia 13, 15, dan 17 tahun. Hasilnya, anak-anak dari perokok usia dini memiliki BMI tertinggi dibanding yang mulai merokok setelahnya atau tak pernah merokok.

Pemindaian seluruh tubuh juga menunjukkan anak-anak ini memiliki kadar lemak yang jauh lebih tinggi, mulai dari 5 kilogram hingga 10 kilogram antara usia 13 dan 17. Studi ini diterbitkan European Journal of Human Genetics .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.